Kamis, 09 Maret 2023

Penulis Minor Melirik Penerbit Mayor

 Penulis Minor Melirik Penerbit Mayor

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI 

GELOMBANG Ke-28 

Pertemuan ke     : 26

Hari/Tanggal        : Rabu, 8 Maret 2023

Judul Materi         : Menjadi Penulis Buku Mayor

Narasumber         : Joko Irawan Mumpuni

Moderator             : Raliyanti




Malam ini di kelas KBMN 28 pada pertemuan ke 26 akan berbagi ilmu agar karya kita tembus penerbit  bersama narasumber Bapak Joko Irawa Mumpuni Beliau,  Direktur Penerbitan dari Penerbit Andi Yogyakarta. Beliau juga tercatat sebagai anggota Dewan Pertimbangan IKAPI DIY, penulis buku bersertifikat BSNP dan Asesor BNSP.
Dan ditemani oleh moderator yang cantik ibu Raliyanti. Adapun judul materi kita malam ini adalah "Menjadi Penulis Buku Mayor"

Setiap penulis mempunyai impian kalau bukunya bisa diterbitkan oleh PENERBIT MAYOR. Tidak banyak jumlah PENERBIT MAYOR DI INDONESIA. Menjadi penerbit mayor memiliki kriteria yang tidak mungkin dapat diraih dalam waktu pendek, tetapi bisa sampai puluhan. Syarat menjadi penerbit mayor salah satunya adalah harus sudah memiliki judul terbitan buku puluhan ribu judul dan tiap tahunnya harus menerbitkan ratusan judul secara konsiaten.

APA ITU PENERBIT ?

Penerbit adalah  Industri kreatif yang didalamnya ada kolabarasi insan-insan kreatif : Penulis, Editor, Layouter, Ilustrator dan desain grafis. Hal Ini adalah bagian dari industri kreatif penerbitan cetak, saat ini dan mendatang akan bertambah insan-insan kreatif bidang lain yang akan bergabung seiring dengan perkembangan dunia penerbitan yang kini sudah mengarah pada Publisher 5,0. yang memanfaatkan teknologi IT untuk menerbitkan karya-karya kreatif.

Ada jenis-jenis buku didunia ini, biasanya klasifikasi jenis buku digambar dengan grafis yang mirip sirip ikan seperti ini:

Dua kategori besar jenis buku adalah buku Teks (buku sekolah-kampus) dan buku Non Teks (buku-buku populer). Buku sekolah disebut buku pelajaran sedangkan buku kampus disebuat buku Perti (perguruan tinggi). Buku Nonteks  dibagi dua lagi menjadi buku Fiksi dan Non Fiksi. Buku Perguruan tinggi dibagi dua lagi menjadi buku Eksak dan Non Eksak.
Ini beberapa contoh grafis- grafis  dunia perbukuan seperti gambar dibawah ini.


Tingkat literasi bangsa ini sampai saat ini masih banyak dikeluhkan banyak pihak akibat rendahnya tingkat litersai dibanding negara lain sekawasan. Inilah sebabnya:
1. Minat baca
Budaya baca yang rendah
Kurangnya bahan bacaan
 Kualitas bacaan
2. Minat menulis
Budaya menuli yang rendah
Tidak tau  prosedur menulis dan penerbitan
 Anggapan yang salah tentang dunia penulisan dan penerbitan
3. Apresiasi hak cipta
Pembajakan
Aplikasi non legal
 Kualitas bacaan
Salah satu cirinya yang paling berpengaruh adalah mudah percaya pada HOAX atau berita bohong.

BAGAIMANA ALUR PENERBITAN BUKU?

Bagaimana proses penerbitan mulai dari memasukan/mengirinmkan naskah buku ke penerbit hingga buku itu terbit dan beredar. 
inilah gambarnya.
Setelah mengetahui bagaimana proses penerbitan naskah menjadi buku. Tentu ada hal yang tak kalah pentingnya perlu diketahui yaitu
1. Memelih penerbit yang baik
     a. Memiliki visi dan misi yang jelas
     b. Memiliki bussines core lini produk tertentu
     c. Pengalaman penerbit
     d. Jaringan pemasaran
     e. Memiliki percetakan sendiri
     f. Keberanian mencetak jumlah eksamplar
     g. Kejijuran dalam pembayaran royalti

2. Ciri-ciri penerbit yang harus diwaspadai
      a. Hanya bertindak sebagai broker naskah
      b. Alamat tidak jelas
      c. Tidak ada dokumen perjanjian penerbitan
      d. Tidak memiliki jaringan pemasaran dan distribusi sendiri
      e. Tidak memiliki percetakan sendiri
      f. Persentase royalti tidak wajar
      g. Laporan keuangan tidak jelas.

Nah sekarang mengapa kita harus menulis? Apa sih yang didapatkan ketika penulis tersebut sudah berhasil menerbitkan buku secara profesional dan diterbitkan oleh penerbit yang bereputasi. Ini yang akan didapatkan adalah kepuasan, reputasi, karir dan keuangan. Agar kebih jelas ini rincian yang akan didapatkan oleh seorang penulis diantaranya adalah :
1. Peningkatan finansial.
     a. Royalti
     b. Diskon pembelian barang
     c.  Seminar/menejer

2. Peningkatan karir.
     a. Adanya peningkatan kebutuhan status jabatan
     b. Peluang karir di institusi atau perusahaan

3. Keburuhan batin.
      a. Buku sebagai karya monumental yang akan dikenang sepanjang masa.

4. Reputasi.
       a. Buku yang akan diterbitkan akan meningkatkan reputasi penulisnya.
Pertanyaan besar yang sering muncul adalah apa kriteria agar naskah buku dapat diterima oleh penerbit untuk dapat diterbitkan. Karena tidak semua naskah dapat diterima. Sebagai contoh penerbit ANDI itu tiap bulan menerima naskah masuk bisa sampai 500 nasakah. Namun yang diterima untuk diterbitkan hanya 50 Judul saja. Inilah kriteria penilaiannya:

Penerbiat akan sangat berhati hati jika ada buku-buku yang bertema memiliki Pasar sempit dan Lifecicly pendek, namun penerbit akan senang dengan tema2 buku yang memiliki LifeCycle panjang dan market lebar.   

Masalah Selingkung ini juga banyak ditanyakan 'Penerbit bapak pakai kga selingkung apa?'jawabnya kami pakai gaya selingkung apapun yang dipakai penulis. Salah satu buku yang pakai selingkung Vancouver Style.

PENULIS IDEALIS VS PENULIS INDUSTRIALIS.
 
Sebagai seorang penulis tentu kita harus tahu diri apakah tegolong penulis idealis atau penulis industrialis. Berikut penjelasan nya.

A. Penulis berfikir idealis.
     a. Menulis tidak begitu memperhatikan harga pasar.
     b. Tidak begitu suka dengan campur tangan orang lain.
     c. Imbalan finansial tidak begitu dipentingkan
    d. Kesempurnaan sebuah karya lebih penting dari pada produktifitas.

B. Penulis  Berfikir industrialis.
      a. Menulis dengan sangat memperhatikan kebutuhan pasar
      b. Terbuka dan lapang dada terhadap segala interfensi dari pohak lain
      c. Imbalan finansial merupakan tujuan utama.
      d. Terkadang kesempurnaan karya tidak lebih penting dari pada produktifitas.

C. Penulis berfikir idealis - Industrialis.
       a. Tetap memperhatikan kebutuhan pasar namun tetap berani ambil sikap yang berbeda dengan penulis lain.
       b. Meskipun terbuka terhadap masukan orang lain, tetap mempunyai pendirian yang kokoh.
       c.  Imbalan finansial memang penting namun tetap memperhatikan kualitas.
       d. Keseimbangan antara kesempurnaan karya dan produktifitas.

Keduanya baik bagi penerbit sehingga sebuah penerbit akan memakai keduanya. Jadi penulis akan menerima buku yang bangsa pasarnya lebih luas. Untuk penulis pemula perlu diperhatikan kuadran kategori penulis, level mater dan harga pasar seperti gambar.

Sesi tanya jawab.
P1
Selamat malam ,saya Wahyu dari Semarang , ada 1 pertanyaan , saat penulis mengirim naskah untuk dibuat  buku ,ada penilaian naskah dari penerbit bisa diterima bisa juga ditolak .

Yang ingin saya tanyakan   alasan apa saja sehingga penilai menolak naskah tersebut  tersebut.(yang kebanyakan ya pak ) 
Terimakasih .

J2
Kebanyakan ditolak karena tema yg ditulis tidak lagi trend atau penulisnya belum memiliki reputasi sehingga menurut penerbit buku itu akan tidak laku.

P2.
Bismillah.
Rosjida Ambawani - Ciamis.
Ijin bertanya.
Jika kita menulis tema populer dan karena keterbatasan ilmu maka kita menukil dari banyak referensi untuk sumber tulisan kita dan tentunya hal itu dimasukkan ke daftar pustaka. Apakah tulisan/naskah buku kita dari hasil banyak menukil/mengambil dari referensi terpercaya itu akan lolos oleh seleksi penerbit mayor? Bagaimana solusi akan hal tersebut?
Terima kasih

J2
Tidak ada satupun buku ilmiah yang ditulis tanpa referensi sumber yang lain. Jadi buku yang kontennya mensitasi dari buku lain itu sah dan tidak ada pengaruhnya diterima atau tidak. Kecuali buku itu hasil plagiasi dari sumber lain, pasti  naskah akan kami kembalikan.

P3.
Assalamualaikum, saya Dewi asal Seruyan Kalteng, ijin bertanya bagaimana caranya kita bisa mengajukan karya kita untuk bisa diterbitkan di penerbit mayor, apakah ada syarat dan ketentuannya dan siapa yang bisa hubungi, apakah ada tim sendiri ?

J3 
Bisa langsung hubungi saya, nanti selanjutnya akan saya kenalkan/teruskan dng manajer sesuai lininya. Jadi syarat khususnya tidak ada.

P4
Assalamualaikum, Nama Edmu dari Kalimantan Selatan Bagaimana langkah awal membuat bisnis penerbit buku? Apa saja yang harus disiapkan ?

 J4
Buat perusahaan resmi misal CV, mendaptar sebagai anggota IKAPI. Syarat2 dasar tersebut untuk mengurus ISBN. Syarat lain tentunya modal kerja.

P5.
Assalamu'alaikum, 
Izin bertanya, sy agustin dr jakarta. 

Setelah melihat paparan prof, jujur saya langsung merinding, ingat dosen waktu kuliah. Sungguh sangat rumit  proses untuk mjadi penulis, dgn seleksi yg begitu ketat dan menggunakan 'standar' pemasaran tanpa satupun ideologi yg tersisa. Jadi menulis itu memang tentang 'pasaran'.  

Menurut bapak, apakah ada kemungkinan tulisan pemula bisa bersaing dengan penulis-penulis popular? Terimakasih atas jawabannya 

J5
Penulis pemula peluangnya sama dng penulis senior, kadang penulis pemula bak emas yg ditemukan dari dalam lumpur, 

P6
Ini bukan bertanya, hanya minta tolong, 
Bapak, saya punya novel, insya allah, abis lebaran rampung. Apakah bapak bersedia menghubungkan saya dgn penerbit mayor?  Bukankah buku fiksi 75 ℅ diminati masyarakat?? Terimakasih bapak

J6
Bisa dikirimkan kekami agar dapat kami review.


Salam Literasi....

"Buku Untuk Kenaikan Pangkat PNS"

 "Buku Untuk Kenaikan Pangkat PNS"

KBMN PGRI GELOMBANG 28
Resume :  25
Hari, Tanggal :  Senin, 6 Maret 2023
Tema :  Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS
Narasumber :  Dr. Imron Rosidi, M. Pd
Moderator :  Yandri Novita Sari, S. Pd.

Bismillahhirohmannirrahim. Assalammualaikum Warrohmatullohi Waabarokatuh. 
Salam sehat dan bahagia selalu.







Sebagai guru PNS, tentu akan melakukan pengusulan kenaikan pangkat yang biasa dilakukan minimal 4 tahun sekali. Pada pengusulan harus memenuhi syarat angka kredit. Apakah poin buku bisa digunakan untuk memenuhi angka kredit pada kenaikan pangkat PNS? Berapa poin yang diperoleh dari menulis buku? Lalu buku yang bagaimana yang masuk kategori kenaikan pangkat PNS? Apa saja jenisnya?. Semua pertanyaan akan terjawab tuntas pada kelas belajar menulis pertemuan ke-25 malam ini yang mengangkat tema "Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS". 

Pertemuan kali ini dipandu oleh moderator Ibu Yandri Novita Sari, S. Pd dengan narasumber Bapak Dr. Imron Rosidi, M. Pd, dimana narasumber kali ini memiliki segudang prestasi diantaranya terpilih sebagai penerima Penghargaan Satya Lencana Pendidikan dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) tahun 2011. Tak hanya itu beliau juga mendapatkan penghargaan dari Intel Education Award dan Platinum Indonesia. Beliau juga masuk  sebagai 10 penulis buku nonfiksi yang mendapat apresiasi dari Gubernur Jatim. Karena kecintaannya di bidang menulis Pak Imron dipercaya menjadi wakil dalam Pertukaran Tokoh Masyarakat Indonesia dengan Amerika Tahun 2006 dan menjadi wakil kalangan guru yang terbang ke Amerika. Tidak hanya Amerika,  lelaki kelahiran kelahiran Surabaya tanggal 10 Juni 1966 ini juga terbang ke Sydney dan Melbourne tahun 2011, beliau dipercaya mewakil Indonesia karena beliau mendapat Predikat Guru Berprestasi Tingkat Nasional. 

Bapak Imron merupakan alumni D-III Jurusan Bahasa di IKIP Surabaya. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Bangil yang Produktif Menulis Buku serta berprofesi sebagai dosen Pascasarjana Uniwara STKIP Pasuruan dan kampus Dalwa Bangil. Beberapa buku yang beliau tulis diantaranya berjudul "Menulis Siapa Takut", "Bergerilya menjadi Penulis", dan beberapa buku pelajaran, buku pendidikan dan buku umum dari penerbit UM Press, Kanisius dan lain sebagainya.  

Selanjutnya penyampaian materi oleh narasumber.
Bapak Imron memulai pemaparannya dengan menyampaikan cara memanfaatkan kemampuan dalam menulis buku untuk kenaikan pangkat berdasarkan Permenpak rb 16 tahun 2009. Berdasarkan aturan yang berlaku sampai Juni 2023 untuk kenaikan pangkat tersebut, dibutuhkan 3 hal pokok yaitu :
Pengembangan Diri (PD)
Publikasi Ilmiah (PI)
Karya Inovatif (KI).
Salah satu jenis Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif adalah penulisan buku, bisa berbentuk buku di bidang pendidikan, buku terjemahan, buku hasil mengubah dari laporan penelitian. Sementara, di Karya Inovatif bisa berupa buku kumpulan puisi, buku kumpulan cerpen, dan buku novel. Untuk buku Antologi yang ditulis keroyokan dimana setiap guru hanya menulis satu atau lebih puisi tidak bisa dinilai untuk kenaikan pangkat. Untuk kumpulan puisi, hanya yang menulis minimal 20 puisi yg bisa dinilai, sedangkan untuk kumpulan cerpen, minimal satu guru menulis 5 cerpen baru bisa dinilai.

BUKU UNTUK KENAIKAN PANGKAT

Berikut Syarat Buku Untuk Kenaikan Pangkat 

1. Publikasi Ilmiah diantaranya :
Buku Hasil Penelitian, mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku.
Buku Pelajaran, harus ber-ISBN Lengkap.
Buku Pengayaan, meliputi Modul/Diktat, Buku Pendidikan, dan Karya Terjemahan.
Buku Pedoman Guru
2. Karya Inovatif diantaranya:
Buku Kumpulan Puisi, bisa terdiri dari 20 puisi atau lebih katagori sederhana, lebih dari 40 puisi termasuk katagori komplek.
Buku Kumpulan Cerpen, terdiri dari 5 Cerpen atau lebih katagori sederhana, lebih dari 10 cerpen katagori kompleks.
Buku Novel, bisa Satu novel katagori sederhana, Dua novel katagori kompleks.
ANGKA KREDIT (AK) BUKU
Buku Hasil Penelitian, berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP dengan Angka Kredit (AK) 4.
Buku Teks Pelajaran, buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu. BSNP angka kreditnya AK 6, ber-ISBN  AK  3, dan tidak ber-ISBN  AK 1.
MODUL DAN DIKTAT

Modul bertujuan agar siswa dapat belajar sendiri, sementara Diktat bertujuan mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru. Minimal dibuat per semester. Namun bisa dibuat per tahun.
Di tingkat provinsi AK  1,5
Di tingkat kota/kab AK 1
Di tingkat sekolah AK 0,5
BUKU BIDANG PENDIDIKAN

Buku dalam Bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. 
Buku yang dicetak dan diterbitkan ber-ISBN  AK 3
Buku yang dicetak dan diterbitkan tetapi belum ber-ISBN  AK 1,5
KARYA TERJEMAHAN
Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
Menunjang Pembelajaran
AK 1
BUKU PEDOMAN GURU
Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru. 
Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah, diketik dan dijilid.
Hanya boleh 1 setiap pengajuan.
AK   1,5
BUKU KARYA INOVATIF
Satu buah buku novel, naskah drama/film, atau buku cerita bergambar (komik) yang diterbitkan dan ber-ISBN.
Buku kumpulan cerpen minimal 5 cerpen atau buku kumpulan puisi minimal 20 puisi diterbitkan, dan ber-ISBN.
Satuan kliping minimal 5 cerpen atau kliping minimal 20 puisi yang dimuat di media masa yang ber-ISSN.
Bagaimana Mengubah Laporan Penelitian menjadi buku ber-ISBN?


Bagi seorang guru maupun kepala sekolah, saat pengajuan PAK, biasanya hanya mengajukan PTK atau PTS, namun yang menjadi peluang bagi guru sebenarnya menulis buku hasil laporan penelitian yang sudah dilakukan. Hanya dengan mengatur beberapa bab yg ada, buku akan terwujud.

Demikian resume saya kali ini, semoga dapat memberi gambaran dan informasi yang bermanfaat untuk pengajuan kenaikan pangkat PNS. Dan yang tak kalah pentingnya adalah semoga kita bisa membuat buku untuk kenaikan pangkat tentunya. Semoga sukses.
Salam Literasi.


Jumat, 03 Maret 2023

Autobiografi Versus Biografi, Pilihlah!

 Autobiografi Versus Biografi, Pilihlah!

Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28
Pertemuan ke-24
Tema: Menulis Biografi
Narasumber: Lely Suryani, S. Pd. SD
Moderator: Muliadi, M. Pd












Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sehat dan bahagia!

Sobat hebat tentu sudah tak asing lagi dengan istilah biografi dan autobiografi. Saya juga yakin sobat hebat sudah sering membaca biografi tokoh atau orang-orang hebat di sekitar kita yang bisa dijadikan inspirasi. Tapi, pernahkah sobat hebat berpikir menjadi salah satu penulis biografi orang-orang hebat di sekitar kita atau menulis kisah sendiri yang juga tak kalah hebat agar khalayak tahu. Mungkin kisah hidup yang kita anggap receh, bisa menjadi inspirasi buat orang lain. Nah, agar kita bisa menulis keduanya, biografi dan autobiografi, pantengin terus materi yang disampaikan Ibu Lely Suryani berikut ini, ya!

Biografi adalah sebuah narasi atau cerita yang berisi kisah kehidupan seseorang, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia. Biografi dapat berisi informasi mengenai latar belakang, masa kecil, pendidikan, pekerjaan, pengalaman hidup, dan pencapaian seseorang selama hidupnya. Biografi dapat ditulis dalam bentuk buku, artikel, atau bahkan film dokumenter. Biografi biasanya ditulis oleh seorang penulis atau biografer yang melakukan riset dan wawancara dengan orang yang menjadi objek biografi dan sumber-sumber lainnya untuk memperoleh informasi yang akurat dan lengkap tentang kehidupan orang tersebut.


Tujuan menulis biografi, diantaranya:
1. Menginspirasi dan memberikan motivasi. Biografi sering kali dijadikan sebagai bahan bacaan yang menginspirasi dan memberikan motivasi bagi pembaca. Kisah sukses dan pengalaman hidup seseorang yang terdapat dalam biografi dapat menjadi contoh bagi pembaca untuk mengatasi rintangan dan mencapai tujuan hidup mereka sendiri.

2. Merekam sejarah - Biografi dapat menjadi sumber informasi sejarah yang berharga untuk generasi mendatang. Dengan menulis biografi, seseorang dapat merekam kisah hidup orang-orang yang telah berjasa atau mempunyai pengaruh pada masa lampau. Biografi juga dapat merekam suatu periode atau kejadian dalam sejarah.

3. Memberikan wawasan - Biografi dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik tentang seseorang yang menjadi objek biografi. Dengan memahami lebih dalam tentang latar belakang dan pengalaman hidup orang tersebut, pembaca dapat mendapatkan wawasan baru tentang kehidupan dan dunia.

4. Mengabadikan warisan - Biografi dapat dijadikan sebagai cara untuk mengabadikan warisan seseorang. Biografi dapat membantu memperkenalkan seseorang pada generasi mendatang dan membuat mereka tidak terlupakan.

Setelah mengetahui apa itu biografi dan tujuannya..

Langkah - langkah menulis biografi
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menulis biografi:

1. Lakukan riset tentang orang yang ingin Anda tulis biografinya. Kumpulkan informasi tentang latar belakang, kehidupan awal, pendidikan, karier, pencapaian, dan pengalaman hidup yang menarik. Sumber informasi dapat mencakup wawancara dengan keluarga atau teman dekat, surat, artikel berita, buku, dan sumber-sumber online.

2. Buat kerangka atau outline untuk biografi. Buatlah daftar peristiwa dan pengalaman penting dalam hidup orang tersebut untuk membantu Anda mengorganisasi informasi.

3. Tulis pengantar atau pendahuluan yang menarik untuk menarik perhatian pembaca. Pendahuluan harus memberikan gambaran singkat tentang siapa orang tersebut dan mengapa hidupnya layak untuk ditulis biografinya.

4. Mulai menulis biografi dengan menyelesaikan bagian-bagian yang paling menarik dan relevan. Pastikan untuk memasukkan detail yang menarik dan membuat cerita hidup orang tersebut menjadi hidup.

5. Organisir konten biografi dalam urutan kronologis, dimulai dari masa kanak-kanak, kemudian ke masa remaja, dewasa awal, dan seterusnya.

6. Gunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan tetap konsisten dengan tema biografi.

7. Berikan gambaran yang jelas tentang perjuangan dan rintangan yang dihadapi, kesulitan dan kegagalan yang dialami, serta keberhasilan dan kebahagiaan yang diraih.

8. Jangan lupa untuk menyertakan kutipan atau kata-kata orang tersebut yang menarik atau menggambarkan kepribadiannya.

9. Revisi dan edit biografi secara teratur. Pastikan kesalahan gramatikal dan fakta yang salah dikoreksi.

10. Akhiri biografi dengan kesimpulan yang merangkum hidup orang tersebut dan dampaknya pada dunia atau masyarakat.

Sampai di sini pembahasan mengenai biografi, semoga sobat hebat langsung tertarik menulis biografi seseorang.
Kita lanjutkan ke autobiografi....


Apa tujuan menulis autobiografi?

Tujuan utama menulis autobiografi adalah untuk membagikan kisah hidup dan pengalaman pribadi seseorang dengan pembaca. Beberapa tujuan khusus dari menulis autobiografi dapat meliputi:

1. Meningkatkan pemahaman diri: Menulis autobiografi dapat membantu seseorang memahami dirinya sendiri lebih baik dengan merefleksikan peristiwa penting dalam hidup mereka dan menghubungkan pola-pola dalam pengalaman hidup.

2. Menjaga kenangan: Autobiografi juga dapat berfungsi sebagai catatan kenangan bagi penulis dan keluarga mereka, dan dapat membantu mempertahankan warisan keluarga.

3. Memberikan inspirasi: Autobiografi dapat menjadi sumber inspirasi bagi pembaca, terutama bagi orang yang mengalami situasi serupa atau menghadapi kesulitan dalam hidup.

4. Memberikan wawasan: Autobiografi dapat memberikan wawasan tentang sejarah, budaya, dan lingkungan sosial di mana penulis hidup dan bekerja, sehingga dapat membantu pembaca memahami kondisi dan konteks kehidupan penulis.

5. Membangun identitas dan citra publik: Autobiografi juga dapat membantu seseorang membangun identitas dan citra publik mereka, baik dalam konteks pribadi maupun profesional.

Wah, ternyata manfaat menulis autobiografi keren juga, ya! Lanjut ke langkah menulis autobiografi 

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti dalam menulis autobiografi:

1. Lakukan riset dan persiapan: Mulailah dengan membuat daftar peristiwa penting dalam hidup Anda, tempat-tempat yang Anda kunjungi, orang-orang yang Anda temui, dan pengalaman-pengalaman lain yang mungkin Anda ingin masukkan dalam autobiografi Anda. Lakukan riset tentang masa lalu Anda, termasuk sejarah keluarga, lingkungan sosial, dan kebudayaan saat itu.

2. Tentukan gaya dan fokus: Setelah Anda mengetahui gambaran besar dari hidup Anda, tentukan gaya dan fokus untuk autobiografi Anda. Anda dapat memilih untuk menulis dalam gaya naratif atau reflektif, dan memilih fokus seperti karier, keluarga, atau perjalanan.

3. Buat kerangka cerita: Buat kerangka cerita untuk autobiografi Anda dengan memilih peristiwa penting dan menempatkannya dalam urutan kronologis atau non-kronologis.

4. Tulis draf pertama: Mulailah menulis draf pertama dari autobiografi Anda berdasarkan kerangka cerita yang sudah dibuat. Jangan khawatir tentang detail atau kesalahan, hanya tulis dengan lancar.

5. Edit dan revisi: Setelah menyelesaikan draf pertama, edit dan revisi autobiografi Anda dengan memperbaiki kesalahan, menambahkan detail dan pengalaman baru, dan memperbaiki struktur dan narasi.

6. Beri judul dan bagikan: Setelah menyelesaikan revisi terakhir, berikan judul untuk autobiografi Anda. Jika ingin dibagikan dengan orang lain, pertimbangkan untuk mencetak atau menerbitkan secara online untuk dapat dibaca oleh publik.

Ingatlah bahwa menulis autobiografi dapat memakan waktu, dan dapat melibatkan emosi yang kuat. Oleh karena itu, pastikan untuk meluangkan waktu yang cukup dan mempersiapkan diri secara emosional untuk menulis autobiografi yang baik dan berarti.

Alhamdulillah, selesai sudah materi malam ini. Keputusan saya serahkan kepada sobat-sobat hebat, mau menulis biografi atau autobiografi. Selamat berkarya, dan salam literasi!

Menerbitkan Buku Semakin Mudah di Penerbit Indie

 Menerbitkan Buku Semakin Mudah di Penerbit Indie

Materi ke 23
Judul : Menerbitkan Buku Semakin Mudah di Penerbit Indi
Hari/tgl : rabu, 1 Maret 2023
Narasumber : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd
Moderator : Nur Dwi Yanti, S.Pd











Sahabat KBMN Gel 28 yang hebat

Tidak terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-23 tinggal 7 pertemuan lagi maka tuntas kelas belajar menulis, namun bukan berarti terputus begitu saja.

Masih ada yang harus dipersiapkan untuk memperoleh sertifikat dengan menulis buku solo.

 Sebelum memulai materi mari kita lihat profil dari narasumber kita
Berikut profil pak Brian:

 Om Ian adalah panggilan akrab Tim TSO, usia muda memiliki segudang prestasi dan karya. Puluhan tulisannya sudah dimuat di berbagai media cetak. Sebagian besar dimuat di Tabloid Bola, Harian Bola, Tabloid Soccer. Ada juga yang dimuat di Harian Kompas, Kedaulatan Rakyat, Warta Kota, Media Indonesia, dan Majalah Hidup.

Sahabat KBMN Gel 28 yang hebat

Tidak terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-23 tinggal 7 pertemuan lagi maka tuntas kelas belajar menulis, namun bukan berarti terputus begitu saja.

Masih ada yang harus dipersiapkan untuk memperoleh sertifikat dengan menulis buku solo.

Saat ini ada banyak Penerbit  dan narasumber menjelaskan bagaimana Menerbitkan buku di penerbit Indie 

1.Tidak ada seleksi sehingga naskah anda pasti diterima. 

2.Karena tidak ada seleksi, maka ada biaya yang diperlukan untuk proses penerbitan. 

Sayangnya ada yang memerlukan biaya mahal sampai jutaan rupiah. Dalam memilih penerbit indie kita perlu tahu apakah kinerjanya memuaskan dan dapat dipercaya. Jangan sampai naskah yang sudah kita kirim tidak jelas nasibnya.

Melihat hal itu, beliau mencoba membantu kita semua untuk menghubungkan ke penerbit indie yang menerbitkan buku dengan harga terjangkau, terpercaya dan bagus kualitasnya. Beliau bekerja sama dengan Penerbit Sleman. Penerbit yang beliau pilih ini sudah berpengalaman menerbitkan ratusan judul buku dengan kualitas cetakan buku yang memuaskan.

Materi malam ini disampaikan supaya bermanfaat bagi penulis pemula yang belum tau bagaimana cara menerbitkan buku , manfaat nya :

- Agar bapak/ibu memiliki pandangan/wawasan menerbitkan buku.

- Agar saat menjalani proses penerbitan buku tidak mengalami pengalaman kurang menyenangkan

- Dan agar tidak menemui hambatan

Dengan adanya penerbit indie maka penulis pemula bisa bernafas lega sebab tidak ada seleksi dalam penulisan dan harga terjangkau.
Dahulu ketika penerbit indie belum eksis seperti sekarang, kita hanya tahu bahwa penerbit buku yang ada itu hanya penerbit mayor seperti Gramedia, Grasindo, Erlangga, Elex media, Andi, dll.
Penerbit mayor menerapkan seleksi naskah, sehingga belum tentu naskah kita diterima.
Memang itu dilakukan agar penerbit mayor mendapat naskah yang benar-benar berkualitas dan diperkirakan akan laku dipasaran.
Tahap seleksi naskah menjadi tantangan untuk bisa menembus penerbit mayor. Penulis harus berjuang mencoba mengirim naskah ke beberapa penerbit hingga bisa diterima oleh suatu penerbit mayor. Penolakan naskah menjadi makanan sehari-hari penulis. Ketika naskah diterima pun proses penerbitannya sangat lama.

Kini ada penerbit indie yang bisa menjawab rintangan-rintangan tersebut
1. Naskah pasti diterbitkan ✅
2. Proses penerbitan mudah dan cepat ✅
Menerbitkan di penerbit mayor bisa lebih dari setahun prosesnya
Kalau di penerbit Indie dalam hitungan bulan saja.

Untuk pemula lebih baik ke penerbit indie dulu supaya buku cepat terbit dan menjadi semangat bagi kita untuk lebih giat menulis buku.
Bagi penulis pemula tentu penerbit indie menjadi solusi untuk bisa mewujudkan impian memiliki buku karya sendiri. 

Memang kalau di penerbit indie, kita perlu keluar biaya-biaya untuk mendapat fasilitas penerbitan, atau jika ingin cetak ulang.

Tapi itu memang konsekuensi dari penerbitan tanpa seleksi, sehingga biaya penerbitan menjadi tanggung jawab penulis untuk mendapat fasilitas penerbitan yang memuaskan.
Beliau bisa memantau kita dalam menerbitkan buku di penerbit indie, jadi tidak usah ragu lagi sebab sudah terpercaya.

Beliau sering juga mendapat cerita kasus hambatan yang dialami peserta kbmn dalam menerbitkan buku yaitu:
- biaya mahal
- biaya murah bahkan gratis diawal, namun jadi mahal akhirnya
- ketidakjelasan nasib naskah setelah berbulan-bulan 
- ketentuan berubah2 tidak sesuai dengan di awal.
- ada ketentuan yang tidak disampaikan di awal

Beliau juga sampaikan daya tarik penerbit ini
1. Biaya terjangkau, tidak perlu sampai jutaan rupiah

2. jumlah maksimal halaman sangat banyak yaitu 280 hal A5. Jadi bapak/ibu tidak kena biaya tambahan halaman walaupun bukunya setebal 280 halaman A5.

3. Penerbit ini menjualkan buku terbitannya di tokopedia dan shopee

 Waw benar-benar luar biasa penerbit ini.bisa membantu kita semua yang masih awam atau penulis pemula yang belum mengerti apa-apa.

Pesan dari beliau, menerbitkan buku perlu waktu untuk proses terbit. Bukan seperti fotokopi yang sehari jadi
 Jadi jangan minta ada deadline kapan buku harus terbit. Misalkan karena untuk kenaikan pangkat, buku diminta agar terbit secepatnya

Penutup dari beliau, jangan ragu terbitkan tulisan anda menjadi buku. Penerbit indie menerima semua jenis naskah. 

Untuk memilih penerbit indie, silakan pahami dulu ketentuan dari penerbit, jangan sampai ditengah2 ada salah paham atau hambatan.
Itulah pemaparan narasumber tentang penerbitan buku di penerbit indie.semoga bermanfaat bagi kita semua terutama untuk saya pribadi.
Salam literasi.

Majalah Suara Guru

Majalah Suara Guru

Judul                :  Majalah Suara Guru

Resume Ke      : 22

Gelombang      : 28

Tanggal            : 27 Februari 2023

Tema                : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Narasumber     : Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd

Moderator        : Sim Chung Wei, S.P



Materi kali ini bersama orang hebat di PGRI Pusat dengan menggunakan Zoom. Beberapa hari yang lalu saya menghubungi beliau untuk menjadi salah satu pengisi sambutan di acara Closing Ceremony KBMN angkatan 28, ketika itu beliau sedang di Samarinda ada kegiatan PGRI. Majalah Suara Guru adalah organisasi yang berdiri tahun 1949, usianya sudah 74 tahun. Selain majalah organisasi adalah sebagai ruang ekspresi, atau rubrik atau suara utama dari organisasi, majalah bisa menyampaikan info kebijakan yang sifatnya nasional , Majalah ini terdiri 76 halaman.

        Literasi bagi guru itu sangat penting, budayanya masih kurang di sentuh, jangan harap menulis tapi belum banyak membaca. Membaca harus menjadi habbit. Diantara syarat untuk majalah ini adalag ;

1. Tulisannya harus asli tidak plagiat ( kalau tidak didiskualifikasi). Plagiasi sangat tidak di anjurkan untuk suara guru.

2. Tidak boleh menyerang pribadi seseorang.

3. Tulisannya harus bersifat aktual, harus menyangkut pendidikan.

4. Tulisannya harus dengan tulisan populer, menarik, jangan banyk kutipan.

5. Bahasanya populer,lugas,enak dibaca.

6. Paling banyak dikirim maksimal 700 kata.

7. Memberikan pengalaman mengajar, rubrik praktif, menampung tulisan yang mnyimpan pengalaman mengajar. Metode pembelajaran Cukup 400 kata, tidak format makalah, bentuk naratif yang deskriptif.

8. Rubrik percik  tentang motivasi kehidupan.

9. selain mba Widya, bisa menghubungi staf kami Tyas di nomor +6285814213473 untuk mengirim karya di Majalah Suara Guru.

Senin, 27 Februari 2023

Melejitkan Prestasi dengan Menulis

Melejitkan Prestasi dengan Menulis

Resume Ke      : 21

Gelombang ke  : 28

Tanggal            :  24 Februari 2023

Tema                :  Melejitkan Prestasi dengan Menulis

Narasumber     :  Rita Wati, S.Kom

Moderator        :  Helwiyah, S.Pd., M.M


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera buat kita semua.


Dengan mengucapkan Bismillah walhamdulillah, beliau dan kita semua masih diberikan kesehatan, sehingga di malam yang penuh bahagia ini, kita bersama dapat mengikuti kegiatan belajar menulis, hari ini merupakan pertemuan Kelas Belajar Menulis Nusantara  Gelombang 28 pertemuan ke 21. Pada malam ini mengangkat tema  Melejitkan Prestasi dengan Menulis  di sampaikan oleh Narasumber kita  Rita Wati, S.Kom  Acara dibuka oleh moderator Helwiyah, S.Pd., M.M beliau memperkenalkan narasumber dan meminta narasumber untuk memberikan paparan materinya.

Bionarasi narasumber terlahir di Tanjung Pinang pada tahun 1982 dari orang tua berdarah minang. Memiliki hobi, menulis, browsing dan mencoba tools baru.Masa kecil hingga remaja penulis habiskan di Tanjung Pinang Kepulauan Riau kemudian melanjutkan studi S1 di Yogyakarta. Pernah bekerja di Serang kemudian menikah dan kini menetap di Bali. Narasumber sedang menempuh S2 Magister Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta Aktivitas narasumber sebagai teacher (SMP Negeri 2 Mendoyo) Blogger, Writer, Moderator Youtuber.

Tema kita Melejitkan Prestasi Dengan Menulis. Tema ini sengaja beliau angkat untuk menyemangati Bpk/ibu ternyata dalam dunia literasi itu bisa emmbuahkan prestasi yang diluar ekspetasi, kegiatannya beliau update melalui youtube



Cikgu Rita juga memiliki 2 prestasi nasional menjadi guru inspiratif terbaik jenjang SMP dan juara 1 Indihome. Sejak 2 tahun belakangan ini Cikgu Rita mencoba mengikuti lomba blog selanjutnya Cikgu Rita mulai mencoba untuk mengikuti beberapa pendaftaran internasional kegiatan AIV bersama 160 guru dari Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina yang menjadi HOS Korea Selatan. Pada saat penutupan acara Cikgu Rita mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia untuk mempresentasikan proyek yang telah diikuti selama 20 hari. Cikgu membagikan link youtube https://www.youtube.com/watch?v=gPL8PasXB_I&t=66s. Sejak 5 bulan lalu disibukkan selain kuliah magister Cikgu juga mendapatkan kesempatan belajar di CS50 Harvard University. Menurut Cikgu Rita untuk dapat melejitkan prestasi caranya kita harus mengikuti banyak kompetesi yang berkaitan dengan menulis. Salah satunya seperti mengikuti lomba blog, essay, karya ilmiah, cerpen dan puisi, dll. Karena dengan kita mengikuti sebuah perlombaan kita akan terus mengasah otak agar dapat berpikir yang kreatif dan inovatif juga dapat membangkitkan semangat kita dalam menulis yang terpenting kita tidak mudah putus asa. https://www.cikgurita.com/2022/07/perjalanan-menjadi-guru-inspiratif.html.










Bagaimana cara bu Rita membagi waktunya? Apakah semua buku terbit secara bersamaan atau berdekatan? Apa tips supaya bisa kreatif dan produktif serta berprestasi seperti ibu? Cara beliau membagi waktu jika dulu sebelum kesibukkan padat sewaktu menjadi siswa KBM, setiap saat beliau usahakan ketika ada ide menulis, tapi pada saat kegiatan sudah padat beliau tulis dulu pelan-pelan ide-ide utama terutama ketia beliau megikuti lomba tulisan itu beliau tulisa perlahan-lahan. Kebetulan semangat beliau membara pada tahun 2021 jadi buku beliau hampir 90% terbit di tahun itu dan 1 di tahun 2020 sehinga ketika beliau flashback itulah yang membuat beliau terpilih menjadi salah satu guru inspiratif jenjang SMP










Sabtu, 25 Februari 2023

STRATEGI PEMASARAN BUKU, GENERASI KAYA ILMU

 STRATEGI PEMASARAN BUKU, GENERASI KAYA ILMU


Judul            :  Pemasaran Buku
Resume ke   :  20
Gelombang  :  28
Tanggal        :  22 Februari 2023
Tema            :  Pemasaran Buku
Narasumber :  Agus Subardana, S.E., M.M

Di dalam udara yang dingin namun hati yang hangat, 23 Februari 2023








Hati ini belum siap merindu jika harus berpisah denganmu, KBMN ku. Tak terasa sudah materi yang ke 20 saja. Waktu begitu cepat berlalu, namun sangat bermakna sarat ilmu dan kebersamaan yang berkesan. Terima kasih. Semoga Allah memenuhi janjnya, mengangkat derajat orang-orang yang berilmu, mau membaginya dengan ikhlas tanpa mengharapkan apa pun, seperti orang-orang yang ku kenal di dalamnya. Ada Om Jay, Om Dail, Bunda Kanjeng, dan yang lainnya. Aku merasa ada rasa hormat tersendiri kepada beliau-beliau, termasuk mentorku yang dengan sabar dan setia mengingatkan kami untuk segera merapikan resume agar menjadi buku solo. Aku pun kelak ingin menjadi pribadi yang rendah hati seperti mereka, mau berbagi tak pelit ilmu dan tak merasa diri di atas. Terima kasih yang tak terhingga, karena aku sedikit mengenal, tentang kerendahan hati di saat ilmu begitu menghiasi dan membuat kita lebih berarti.   

Rabu malam Kamis pukul 19.00, aku belajar tentang Pemasaran Buku dari Bapak Agus Subardana, SE., M.M sebagai narasumber pertemuan ke 20 di KBMN Gelombang 28. Banyak ilmu yang kudapat tentang tema tersebut. Beliau menyampaikan bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuandan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku. Dalam rangka mempertahankan Industri Penerbitan Buku, supaya terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal, maka kita perlu strategi pemasaran yang hampir dipakai oleh semua pengusaha. Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Terlihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan. Buku yang diterbitkan tersebut dikelompokkan menjadi kategori buku. Salah satu contoh Penerbit Andi Offset yang menerbitkan buku cukup banyak kategori produk yaitu ada 32 kategori produk buku (buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi, buku pengembangan diri, buku teks, dan lain-lain). Dari jenis-jenis kategori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan. Pada umumnya dipengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor makro, yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial budaya. 

Dua strategi Pemasaran Buku 

 A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

Pemasaran buku lewat Online. Penerbit ANDI  menggunakan strategi Digital Marketing yaitu teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet. Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :
  • Content Marketing. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
  • Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
  • Search Engine Marketing (SEM)  Search Engine Marketing (SEM)merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
  • Social media marketing. Memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah. 
Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya

Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga

Pantun 3 :
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu
  • Email Marketing. Strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
  • Instant Messaging Marketing. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
  • Influencer Marketing. Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
  • Video Marketing. Untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
  • Pemasaran Melalui Channel Youtube. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online  harus terus proaktive untuk terus promosi, agar dapat :
  • Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
  • Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama sehingga kesetiaan  konsumen terjaga.
  • Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
  • Menaikkan penjualan dan profit
  • Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
  • Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
  • Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen 
Pemasaran Buku Lewat Komunitas. Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll

B. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , Penerbit harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini dikelompokkan berdasarkan target pasar yang dituju, antara lain :

Toko Buku. Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini dipetakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern. Contoh Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Strategi Promosi di toko buku modern dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain :
  • Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
  • Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
  • Mengadakan bedah buku , Talkshow dan potongan harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
  • Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
  • Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan, kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal toko buku modern tersebut.

         Contoh toko buku modern yaitu:

Toko Buku Semi Modern. Toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko. Untuk itu saluran toko buku tersebut  masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi
Toko Buku Tradisional.  Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual, diberlakukan kredit dan jual putus. 
2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung 
Pemasaran Buku melalui Directselling ini dipetakan berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan. Jenis katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
-    Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran utama dan buku pendamping untuk jenjang     TK, SD,  SMP, SMA, SMK).

-    Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah.

-    Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka Penerbit Andi Offset sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut  diberi tanggung jawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
-   Kunjungan langsung ke tiap sekolah 
-   Kunjungan langsung ke setiap kampus 
-   Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll. 
 
 3.  Melakukan Event – Event 
Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

Sekian Resume Pemasaran Buku
Salam Literasi

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C