Senin, 27 Februari 2023

Melejitkan Prestasi dengan Menulis

Melejitkan Prestasi dengan Menulis

Resume Ke      : 21

Gelombang ke  : 28

Tanggal            :  24 Februari 2023

Tema                :  Melejitkan Prestasi dengan Menulis

Narasumber     :  Rita Wati, S.Kom

Moderator        :  Helwiyah, S.Pd., M.M


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera buat kita semua.


Dengan mengucapkan Bismillah walhamdulillah, beliau dan kita semua masih diberikan kesehatan, sehingga di malam yang penuh bahagia ini, kita bersama dapat mengikuti kegiatan belajar menulis, hari ini merupakan pertemuan Kelas Belajar Menulis Nusantara  Gelombang 28 pertemuan ke 21. Pada malam ini mengangkat tema  Melejitkan Prestasi dengan Menulis  di sampaikan oleh Narasumber kita  Rita Wati, S.Kom  Acara dibuka oleh moderator Helwiyah, S.Pd., M.M beliau memperkenalkan narasumber dan meminta narasumber untuk memberikan paparan materinya.

Bionarasi narasumber terlahir di Tanjung Pinang pada tahun 1982 dari orang tua berdarah minang. Memiliki hobi, menulis, browsing dan mencoba tools baru.Masa kecil hingga remaja penulis habiskan di Tanjung Pinang Kepulauan Riau kemudian melanjutkan studi S1 di Yogyakarta. Pernah bekerja di Serang kemudian menikah dan kini menetap di Bali. Narasumber sedang menempuh S2 Magister Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta Aktivitas narasumber sebagai teacher (SMP Negeri 2 Mendoyo) Blogger, Writer, Moderator Youtuber.

Tema kita Melejitkan Prestasi Dengan Menulis. Tema ini sengaja beliau angkat untuk menyemangati Bpk/ibu ternyata dalam dunia literasi itu bisa emmbuahkan prestasi yang diluar ekspetasi, kegiatannya beliau update melalui youtube



Cikgu Rita juga memiliki 2 prestasi nasional menjadi guru inspiratif terbaik jenjang SMP dan juara 1 Indihome. Sejak 2 tahun belakangan ini Cikgu Rita mencoba mengikuti lomba blog selanjutnya Cikgu Rita mulai mencoba untuk mengikuti beberapa pendaftaran internasional kegiatan AIV bersama 160 guru dari Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina yang menjadi HOS Korea Selatan. Pada saat penutupan acara Cikgu Rita mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia untuk mempresentasikan proyek yang telah diikuti selama 20 hari. Cikgu membagikan link youtube https://www.youtube.com/watch?v=gPL8PasXB_I&t=66s. Sejak 5 bulan lalu disibukkan selain kuliah magister Cikgu juga mendapatkan kesempatan belajar di CS50 Harvard University. Menurut Cikgu Rita untuk dapat melejitkan prestasi caranya kita harus mengikuti banyak kompetesi yang berkaitan dengan menulis. Salah satunya seperti mengikuti lomba blog, essay, karya ilmiah, cerpen dan puisi, dll. Karena dengan kita mengikuti sebuah perlombaan kita akan terus mengasah otak agar dapat berpikir yang kreatif dan inovatif juga dapat membangkitkan semangat kita dalam menulis yang terpenting kita tidak mudah putus asa. https://www.cikgurita.com/2022/07/perjalanan-menjadi-guru-inspiratif.html.










Bagaimana cara bu Rita membagi waktunya? Apakah semua buku terbit secara bersamaan atau berdekatan? Apa tips supaya bisa kreatif dan produktif serta berprestasi seperti ibu? Cara beliau membagi waktu jika dulu sebelum kesibukkan padat sewaktu menjadi siswa KBM, setiap saat beliau usahakan ketika ada ide menulis, tapi pada saat kegiatan sudah padat beliau tulis dulu pelan-pelan ide-ide utama terutama ketia beliau megikuti lomba tulisan itu beliau tulisa perlahan-lahan. Kebetulan semangat beliau membara pada tahun 2021 jadi buku beliau hampir 90% terbit di tahun itu dan 1 di tahun 2020 sehinga ketika beliau flashback itulah yang membuat beliau terpilih menjadi salah satu guru inspiratif jenjang SMP










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih kak

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C