Selasa, 10 Januari 2023

Tinta Sahabatku

Senin, 09 Januari 2023

KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan 1

Resume ke     : 1 
Gelombang    : 28 
Tanggal          : 09 Januari 2023 
Tema              : Menulis Setiap Hari 
Narasumber   : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sehat dan bahagia selalu untuk semuanya. 


Dengan mengucapkan Alhamdullillahirobbilalaamiin saya bersyukut kepada Allah SWT yang telah menggerakkan hati saya untuk terus mencoba belajar menulis, Hari ini adalah pertemuan pertama dalam kegiatan Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) gelombang 28 yang di moderatorin oleh Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd melalui WAG dan dengan Narasumber Bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang biasa dikenal dengan Om Jay. Beliau adalah Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis, guru, motivator dan blogger Indonesia. Om Jay lahir di Jakarta tanggal 28 Oktober 1972 dengan karya yang mengesankan, buanyak sekali karya ilmiah yang diterbitkan untuk tingkat nasional seperti:
Motto hidup Om Jay yaitu kejujuran kunci keberhasilan dan kesuksesan kemudian hobinya yaitu menulis di blog.


Dalam salah satu blog Om Jay yang berjudul menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi! Sangat membuat hati ini bersemangat untuk lebih mengikuti kelas menulis ini. Di dalam blog tersebut dijelaskan menulis merupakan kemahiran berbahasa yang keempat, sedangkan yang pertama yaitu mendengar kemudian berbicara dilanjutkan dengan membaca dan yang keempat adalah menulis. Om Jay juga berharap untuk kita selalu membiasakan menulis setiap hari tentang apa yang kita sukai dan kuasai. Objek juga mengatakan menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, tidak ada penulis yang tidak rajin membaca dan semua berproses dimulai dari adanya ide kemudian menulis dilanjutkan dengan mengedit sehingga kita dapat menulis dengan baik tanpa ragu dan takut salah. 
Yang membuat saya heran dan terpukau kelas menulis ini benar-benar gratis. Hal ini juga disampaikan Om Jay mengapa gratis karena om Jay ingin membangun untuk menggiatkan literasi di negara Indonesia ini. Disampaikan pula jadilah penulis terkenal dengan membiasakan diri menulis tiap hari, tidak ada penulis terkenal yang langsung dikenal hanya satu atau dua kali menulis mereka akan semua mengalami proses menulis sehingga tulisannya penuh dengan makna dan terasa enak membacanya.


Om jay Memilki dua Blog yaitu Blog pertama adalah https://wijayalabs.blogspot.com dan Blog kedua adalah https://wijayalabs.wordpress.com. Om jay meluapkan tulisannya di Blog tersebut. semenjak Omjay memiliki blog pribadi di ini Omjay berusaha kuat setiap harinya untuk menulis di blog. Adanya media blog membuat Omjay memiliki komitmen untuk menulis setiap harinya. Blog adalah alat rekam yang ajaib. Keajaibannya akan anda rasakan seiring dengan anda mengelola blog dengan baik.


Hari ini yang mengesankan selain mengikuti kelas Om Jay dengan standar kelulusan dan syaratnya kita harus mempunyai blog sendiri, dari situlah saya belajar membuat blog dari Kompasiana maupun mengintip WordPress dan blogspot. Akhirnya alhamdulillah saya bisa masuk di blog kompasiana dan berlatih di blogspot ini untuk tugas, amazing banget.
Thank's Om Jay dan pak Dail, apapun yang kita lakukan dengan tujuan pendidikan, insya Allah akan dipermudah oleh Allah, aamiin... Semangat belajar, semangat maju untuk Indonesia. 
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wa Warakatuh

Proses Pembelajaran Internet dalam Meningkatkan Imtak Siswa (2005), Pembelajaran Berbasis ICT di Kelas Akselerasi dalam meningkatkan Imtak-Iptek secara Terpadu (2006), Peningkatan Imtak Siswa Berbasis Proses Pembelajaran Word melalui CTL & Portofolio (2007), Peningkatan Kualitas Pembelajaran Internet di Kelas Akselerasi dengan metode CTL & Penilaian Portofolio (2007), Menumbuhkan Kreativitas Menulis Siswa Akselerasi melalui Belajar Mandiri pada Pembuatan Blog di Internet (2008), Upaya Meningkatkan Minat dan Kreativitas Menulis Melalui Pengelolaan Blog di Internet (2008), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Mengapa Guru Takut Melakukannya? (2008), Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (2008), Yuk Kita Ngeblog! (2009), Guruku Menggapai Bintang (2010), Menjadi Blogger Handal di Era Global (2010), Internet Sehat Bikin Hebat (2011), Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya (2011), Efektifitas Pemanfaatan Blog Sebagai Media Test Online (2011), Menulislah Setiap Hari & Buktikan Apa yang Terjadi (2011), dan TIK: Menulis Blog Untuk Pendidikan (2012). Saat ini sudah menyelesaikan buku terbarunya, Catatan Harian Seorang Guru Blogger (2020), dan menjadi guru di zaman Edan (2014), Menjadi Blogger Ternama (2017), Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa (2020) sedang meneliti tentang pemanfaatan dan Manajemen blog untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa (2019-2020). Buku Berburu Ilmu di negeri Panda yang Lucu (2021), Buku Agar PJJ Tak Lagi Membosankan (2021), Buku Awas Virus Corona Mengintai Anda (2021), Guru Penggerak (2021)

9 komentar:

terima kasih kak

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C