Sabtu, 25 Februari 2023

STRATEGI PEMASARAN BUKU, GENERASI KAYA ILMU

 STRATEGI PEMASARAN BUKU, GENERASI KAYA ILMU


Judul            :  Pemasaran Buku
Resume ke   :  20
Gelombang  :  28
Tanggal        :  22 Februari 2023
Tema            :  Pemasaran Buku
Narasumber :  Agus Subardana, S.E., M.M

Di dalam udara yang dingin namun hati yang hangat, 23 Februari 2023








Hati ini belum siap merindu jika harus berpisah denganmu, KBMN ku. Tak terasa sudah materi yang ke 20 saja. Waktu begitu cepat berlalu, namun sangat bermakna sarat ilmu dan kebersamaan yang berkesan. Terima kasih. Semoga Allah memenuhi janjnya, mengangkat derajat orang-orang yang berilmu, mau membaginya dengan ikhlas tanpa mengharapkan apa pun, seperti orang-orang yang ku kenal di dalamnya. Ada Om Jay, Om Dail, Bunda Kanjeng, dan yang lainnya. Aku merasa ada rasa hormat tersendiri kepada beliau-beliau, termasuk mentorku yang dengan sabar dan setia mengingatkan kami untuk segera merapikan resume agar menjadi buku solo. Aku pun kelak ingin menjadi pribadi yang rendah hati seperti mereka, mau berbagi tak pelit ilmu dan tak merasa diri di atas. Terima kasih yang tak terhingga, karena aku sedikit mengenal, tentang kerendahan hati di saat ilmu begitu menghiasi dan membuat kita lebih berarti.   

Rabu malam Kamis pukul 19.00, aku belajar tentang Pemasaran Buku dari Bapak Agus Subardana, SE., M.M sebagai narasumber pertemuan ke 20 di KBMN Gelombang 28. Banyak ilmu yang kudapat tentang tema tersebut. Beliau menyampaikan bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuandan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku. Dalam rangka mempertahankan Industri Penerbitan Buku, supaya terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal, maka kita perlu strategi pemasaran yang hampir dipakai oleh semua pengusaha. Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Terlihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan. Buku yang diterbitkan tersebut dikelompokkan menjadi kategori buku. Salah satu contoh Penerbit Andi Offset yang menerbitkan buku cukup banyak kategori produk yaitu ada 32 kategori produk buku (buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi, buku pengembangan diri, buku teks, dan lain-lain). Dari jenis-jenis kategori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan. Pada umumnya dipengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor makro, yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial budaya. 

Dua strategi Pemasaran Buku 

 A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

Pemasaran buku lewat Online. Penerbit ANDI  menggunakan strategi Digital Marketing yaitu teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet. Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :
  • Content Marketing. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
  • Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
  • Search Engine Marketing (SEM)  Search Engine Marketing (SEM)merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
  • Social media marketing. Memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah. 
Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya

Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga

Pantun 3 :
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu
  • Email Marketing. Strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
  • Instant Messaging Marketing. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
  • Influencer Marketing. Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
  • Video Marketing. Untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
  • Pemasaran Melalui Channel Youtube. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online  harus terus proaktive untuk terus promosi, agar dapat :
  • Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
  • Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama sehingga kesetiaan  konsumen terjaga.
  • Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
  • Menaikkan penjualan dan profit
  • Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
  • Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
  • Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen 
Pemasaran Buku Lewat Komunitas. Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll

B. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , Penerbit harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini dikelompokkan berdasarkan target pasar yang dituju, antara lain :

Toko Buku. Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini dipetakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern. Contoh Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Strategi Promosi di toko buku modern dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain :
  • Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
  • Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
  • Mengadakan bedah buku , Talkshow dan potongan harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
  • Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
  • Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan, kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal toko buku modern tersebut.

         Contoh toko buku modern yaitu:

Toko Buku Semi Modern. Toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko. Untuk itu saluran toko buku tersebut  masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi
Toko Buku Tradisional.  Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual, diberlakukan kredit dan jual putus. 
2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung 
Pemasaran Buku melalui Directselling ini dipetakan berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan. Jenis katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
-    Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran utama dan buku pendamping untuk jenjang     TK, SD,  SMP, SMA, SMK).

-    Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah.

-    Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka Penerbit Andi Offset sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut  diberi tanggung jawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
-   Kunjungan langsung ke tiap sekolah 
-   Kunjungan langsung ke setiap kampus 
-   Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll. 
 
 3.  Melakukan Event – Event 
Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

Sekian Resume Pemasaran Buku
Salam Literasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih kak

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C