Kamis, 09 Maret 2023

"Buku Untuk Kenaikan Pangkat PNS"

 "Buku Untuk Kenaikan Pangkat PNS"

KBMN PGRI GELOMBANG 28
Resume :  25
Hari, Tanggal :  Senin, 6 Maret 2023
Tema :  Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS
Narasumber :  Dr. Imron Rosidi, M. Pd
Moderator :  Yandri Novita Sari, S. Pd.

Bismillahhirohmannirrahim. Assalammualaikum Warrohmatullohi Waabarokatuh. 
Salam sehat dan bahagia selalu.







Sebagai guru PNS, tentu akan melakukan pengusulan kenaikan pangkat yang biasa dilakukan minimal 4 tahun sekali. Pada pengusulan harus memenuhi syarat angka kredit. Apakah poin buku bisa digunakan untuk memenuhi angka kredit pada kenaikan pangkat PNS? Berapa poin yang diperoleh dari menulis buku? Lalu buku yang bagaimana yang masuk kategori kenaikan pangkat PNS? Apa saja jenisnya?. Semua pertanyaan akan terjawab tuntas pada kelas belajar menulis pertemuan ke-25 malam ini yang mengangkat tema "Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS". 

Pertemuan kali ini dipandu oleh moderator Ibu Yandri Novita Sari, S. Pd dengan narasumber Bapak Dr. Imron Rosidi, M. Pd, dimana narasumber kali ini memiliki segudang prestasi diantaranya terpilih sebagai penerima Penghargaan Satya Lencana Pendidikan dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) tahun 2011. Tak hanya itu beliau juga mendapatkan penghargaan dari Intel Education Award dan Platinum Indonesia. Beliau juga masuk  sebagai 10 penulis buku nonfiksi yang mendapat apresiasi dari Gubernur Jatim. Karena kecintaannya di bidang menulis Pak Imron dipercaya menjadi wakil dalam Pertukaran Tokoh Masyarakat Indonesia dengan Amerika Tahun 2006 dan menjadi wakil kalangan guru yang terbang ke Amerika. Tidak hanya Amerika,  lelaki kelahiran kelahiran Surabaya tanggal 10 Juni 1966 ini juga terbang ke Sydney dan Melbourne tahun 2011, beliau dipercaya mewakil Indonesia karena beliau mendapat Predikat Guru Berprestasi Tingkat Nasional. 

Bapak Imron merupakan alumni D-III Jurusan Bahasa di IKIP Surabaya. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Bangil yang Produktif Menulis Buku serta berprofesi sebagai dosen Pascasarjana Uniwara STKIP Pasuruan dan kampus Dalwa Bangil. Beberapa buku yang beliau tulis diantaranya berjudul "Menulis Siapa Takut", "Bergerilya menjadi Penulis", dan beberapa buku pelajaran, buku pendidikan dan buku umum dari penerbit UM Press, Kanisius dan lain sebagainya.  

Selanjutnya penyampaian materi oleh narasumber.
Bapak Imron memulai pemaparannya dengan menyampaikan cara memanfaatkan kemampuan dalam menulis buku untuk kenaikan pangkat berdasarkan Permenpak rb 16 tahun 2009. Berdasarkan aturan yang berlaku sampai Juni 2023 untuk kenaikan pangkat tersebut, dibutuhkan 3 hal pokok yaitu :
Pengembangan Diri (PD)
Publikasi Ilmiah (PI)
Karya Inovatif (KI).
Salah satu jenis Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif adalah penulisan buku, bisa berbentuk buku di bidang pendidikan, buku terjemahan, buku hasil mengubah dari laporan penelitian. Sementara, di Karya Inovatif bisa berupa buku kumpulan puisi, buku kumpulan cerpen, dan buku novel. Untuk buku Antologi yang ditulis keroyokan dimana setiap guru hanya menulis satu atau lebih puisi tidak bisa dinilai untuk kenaikan pangkat. Untuk kumpulan puisi, hanya yang menulis minimal 20 puisi yg bisa dinilai, sedangkan untuk kumpulan cerpen, minimal satu guru menulis 5 cerpen baru bisa dinilai.

BUKU UNTUK KENAIKAN PANGKAT

Berikut Syarat Buku Untuk Kenaikan Pangkat 

1. Publikasi Ilmiah diantaranya :
Buku Hasil Penelitian, mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku.
Buku Pelajaran, harus ber-ISBN Lengkap.
Buku Pengayaan, meliputi Modul/Diktat, Buku Pendidikan, dan Karya Terjemahan.
Buku Pedoman Guru
2. Karya Inovatif diantaranya:
Buku Kumpulan Puisi, bisa terdiri dari 20 puisi atau lebih katagori sederhana, lebih dari 40 puisi termasuk katagori komplek.
Buku Kumpulan Cerpen, terdiri dari 5 Cerpen atau lebih katagori sederhana, lebih dari 10 cerpen katagori kompleks.
Buku Novel, bisa Satu novel katagori sederhana, Dua novel katagori kompleks.
ANGKA KREDIT (AK) BUKU
Buku Hasil Penelitian, berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP dengan Angka Kredit (AK) 4.
Buku Teks Pelajaran, buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu. BSNP angka kreditnya AK 6, ber-ISBN  AK  3, dan tidak ber-ISBN  AK 1.
MODUL DAN DIKTAT

Modul bertujuan agar siswa dapat belajar sendiri, sementara Diktat bertujuan mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru. Minimal dibuat per semester. Namun bisa dibuat per tahun.
Di tingkat provinsi AK  1,5
Di tingkat kota/kab AK 1
Di tingkat sekolah AK 0,5
BUKU BIDANG PENDIDIKAN

Buku dalam Bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. 
Buku yang dicetak dan diterbitkan ber-ISBN  AK 3
Buku yang dicetak dan diterbitkan tetapi belum ber-ISBN  AK 1,5
KARYA TERJEMAHAN
Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
Menunjang Pembelajaran
AK 1
BUKU PEDOMAN GURU
Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru. 
Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah, diketik dan dijilid.
Hanya boleh 1 setiap pengajuan.
AK   1,5
BUKU KARYA INOVATIF
Satu buah buku novel, naskah drama/film, atau buku cerita bergambar (komik) yang diterbitkan dan ber-ISBN.
Buku kumpulan cerpen minimal 5 cerpen atau buku kumpulan puisi minimal 20 puisi diterbitkan, dan ber-ISBN.
Satuan kliping minimal 5 cerpen atau kliping minimal 20 puisi yang dimuat di media masa yang ber-ISSN.
Bagaimana Mengubah Laporan Penelitian menjadi buku ber-ISBN?


Bagi seorang guru maupun kepala sekolah, saat pengajuan PAK, biasanya hanya mengajukan PTK atau PTS, namun yang menjadi peluang bagi guru sebenarnya menulis buku hasil laporan penelitian yang sudah dilakukan. Hanya dengan mengatur beberapa bab yg ada, buku akan terwujud.

Demikian resume saya kali ini, semoga dapat memberi gambaran dan informasi yang bermanfaat untuk pengajuan kenaikan pangkat PNS. Dan yang tak kalah pentingnya adalah semoga kita bisa membuat buku untuk kenaikan pangkat tentunya. Semoga sukses.
Salam Literasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih kak

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C