Rabu, 15 Februari 2023

Semangat Menulis Buku Cerita Digital

Semangat Menulis Buku Cerita Digital

 KBMN PGRI


Pertemuan 16

Gelombang : 28

Tema : Menulis Buku Cerita Digital

Tanggal : Senin, 13 Februari 2023

Narasumber : Nur Dwi Yanti, S. Pd

Moderator : Dail Ma'ruf M. Pd





"Orang yang berhenti belajar akan menjadi tua, entah usianya 20 tahun atau 80 tahun, sedangkan orang yang terus belajar akan muda selamanya." - Henry Ford

Bismillahhirrohmannirrahim. Assalammualaikum Warrohmatullohi Waabarokatuh. Salam sehat dan bahagia selalu...


Tulisan kali ini saya awali dengan ungkapan motivasi dari Henry Ford. Tepat sekali kita sebagai makhluk mulia ciptaan Tuhan yang dibekali dengan akal fikiran memang harus tetap belajar, tiada kata berhenti untuk belajar. Apalagi dengan perkembangan zaman dengan meningkatnya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Begitupun halnya dengan dunia tulis-menulis, yang awalnya kita hanya menulis di lembaran demi lembaran kertas namun dengan era globalisasi seperti sekarang ini kita juga bisa beralih ke era serba digital termasuk dalam menulis buku cerita. Sesuai dengan tema kelas belajar malam ini Senin, 13 Februari 2023 yaitu Menulis Buku Cerita Digital dengan narasumber luar biasa Ibu Nur Dwi Yanti S. Pd yang biasa dipanggin Ibu NDY. 

Tidak seperti biasanya, pertemuan kali ini merupakan pertemuan kedua melalui zoom yang biasanya menggunakan WAG. Seperti yang disampaikan oleh Moderator kali ini Bapak Dail Ma'ruf " Kalau kita tidak mau berubah dari zona nyaman dari paper ke digital, bisa-bisa kita menjadi guru yang 'kadaluarsa' ". Seirama dengan pertemuan kali ini yang biasanya menggunakan WAG beralih via zoom.

Materi kali ini disampaikan narasumber melalui aplikasi quizizz, namun sebelum kita ke materi yang disampaikan Ibu NDY, alangkah baiknya kita lebih mengenal beliau dengan berbagai aktivitas beliau sehari-hari, berikut pofile lengkapnya : https://sites.google.com/guru.sd.belajar.id/nurdwiyanti/profil?authuser=0.

Ibu NDY merupakan alumni KBMN gelombang 23, beliau bertugas di SDN Muncul 03 kota Tanggerang Selatan dan sedang menempuh S2 di UNINDRA Jakarta. Beliau juga saat ini sedang mengikuti Program Guru Penggerak Angkatan 6. Berikut beberapa prestasi yang diraih Ibu NDY  :
  1. Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Guru SD Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2016
  2. Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Guru SD Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2017
  3. Juara 2 Guru Berprestasi Tingkat Kota Tangerang Selatan 2019

Selanjutnya beralih ke materi inti pada kelas belajar kali ini. Beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber sebagai berikut :
Pengertian Buku Digital
Buku digital adalah salah satu jenis buku atau bacaan yang hadir dalam bentuk softcopy atau elektronik yang kemudian bisa dibaca menggunakan perangkat digital, baik itu smartphone maupun komputer (PC dan laptop).
E-book disebut buku nirkertas/ buku maya. Buku digital/ buku elektronik, disingkat e-book atau ebook, adalah bentuk digital dari buku cetak.
Menurut Oxford Kamus Bahasa Inggris, buku digital sebenarnya berawal dari buku cetak, kemudian buku cetak tersebut ubah dalam perangkat e-book yang dapat dibaca melalui komputer maupun pada ponsel genggam pribadi.

Fungsi Buku Digital 
  1. Sebagai salah satu alternatif  media belajar
  2. Sebagai media berbagi informasi
Tujuan Buku Digital 
  1. Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk berbagi informasi dengan mudah, dengan cara yang menarik dan interaktif.
  2. Melindungi informasi yang disampaikan.
  3. Mempermudah proses memahami materi ajar.
Kelebihan/ efesiensi Buku Digital 
Kelebihan/ efesiensi buku digital diantaranya, buku digital lebih praktis, dari segi fisik lebih efisien, dapat diakses dimana saja, dapat disimpan file e-book tertampung di dalam memory, ramah lingkungan dan kustomisasi atau sesuai keinginan kostumer.

Jenis-jenis Format Buku Digital 
  1. EPUB ( Elektronic Publication) : Suatu format yang didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum ( IDPF) mengacu pada XHTML dan XML. Hal itu merupakan standar yang berkembang.
  2. MOBI ( MobiPocket) : Format yang dapat digunakan oleh hampir semua PDA dan Smartphone. Dalam PC Windows, MobiPocket dapat melakukan konversi file chm, doc, html, acf, pdf, rtf, dan txt, kedalam format ini. 
  3. PDB ( Palm Database File) : Format yang memuat beberapa format buku digital berbeda untuk ditujukan ke perangkat berbasis Sistem Operasi Palm yang disebut PalmDOC
  4. PDF ( Portable Document Format) : Diciptakan oleh adobe dalam produk Acrobat yang digunakan dalam pertukaran dokumen. Format tersebut didukung oleh semua platform komputer dan perangkat Smartphone. Walaupun demikian, terdapat beberapa perangkat yang bermasalah menggunakan format ini karena ukuran layar yang tidak sesuai dengan format PDF.
  5. KF8 ( Kindle Fire Format) : Format yang hampir sama dengan EPUB yang disusun dalam PDB dengan DRM Amazon. 
Aplikasi Pemformatan Buku Digital
  1. Sigil merupakan sebuah software editor untuk EPUB (Electronik Publication) yang bersifat open source. https://sigil-ebook.com/   
  2. Scibus, aplikasi ini juga sudah banyak digunakan di berbagai OS Komputer. https://www.scribus.net/downloads/
  3. Aplikasi pengolahan kata yaitu Libre Office atau MS Office
  4. Aplikasi pengolahan gambar yaitu IbisPaint atau Adobe Photoshop
  5. Aplikasi audio editor yaitu Audacity/ format factory
  6. Aplikasi video editor yaitu Avidemux/ format factory.
Demikian pemaparan materi yang disampaikan narasumber sekaligus menutup tulisan saya kali ini. Semoga tulisan saya kali ini menjadi motivasi dan semangat bagi kita untuk menulis buku cerita digital. Jangan takut beralih dari zona nyaman agar kita menjadi insan yang berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan agar kita tidak "jalan di tempat" tetapi melangkah maju menggapai impian. Tetap semangat dan Salam Literasi...

5 komentar:

terima kasih kak

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C