Jumat, 03 Maret 2023
Majalah Suara Guru
Senin, 27 Februari 2023
Melejitkan Prestasi dengan Menulis
Melejitkan Prestasi dengan Menulis
Resume Ke : 21Gelombang ke : 28
Tanggal : 24 Februari 2023
Tema : Melejitkan Prestasi dengan Menulis
Narasumber : Rita Wati, S.Kom
Moderator : Helwiyah, S.Pd., M.M
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera buat kita semua.
Dengan mengucapkan Bismillah walhamdulillah, beliau dan kita semua masih diberikan kesehatan, sehingga di malam yang penuh bahagia ini, kita bersama dapat mengikuti kegiatan belajar menulis, hari ini merupakan pertemuan Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28 pertemuan ke 21. Pada malam ini mengangkat tema Melejitkan Prestasi dengan Menulis di sampaikan oleh Narasumber kita Rita Wati, S.Kom Acara dibuka oleh moderator Helwiyah, S.Pd., M.M beliau memperkenalkan narasumber dan meminta narasumber untuk memberikan paparan materinya.
Bionarasi narasumber terlahir di Tanjung Pinang pada tahun 1982 dari orang tua berdarah minang. Memiliki hobi, menulis, browsing dan mencoba tools baru.Masa kecil hingga remaja penulis habiskan di Tanjung Pinang Kepulauan Riau kemudian melanjutkan studi S1 di Yogyakarta. Pernah bekerja di Serang kemudian menikah dan kini menetap di Bali. Narasumber sedang menempuh S2 Magister Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta Aktivitas narasumber sebagai teacher (SMP Negeri 2 Mendoyo) Blogger, Writer, Moderator Youtuber.Tema kita Melejitkan Prestasi Dengan Menulis. Tema ini sengaja beliau angkat untuk menyemangati Bpk/ibu ternyata dalam dunia literasi itu bisa emmbuahkan prestasi yang diluar ekspetasi, kegiatannya beliau update melalui youtubeSabtu, 25 Februari 2023
STRATEGI PEMASARAN BUKU, GENERASI KAYA ILMU
STRATEGI PEMASARAN BUKU, GENERASI KAYA ILMU
Dua strategi Pemasaran Buku
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
- Content Marketing. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
- Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
- Search Engine Marketing (SEM) Search Engine Marketing (SEM)merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
- Social media marketing. Memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :Pantun 1 :Di taman ada banyak kumbangDi kali banyak buayaJanganlah ragu ataupun bimbangToko online ini bisa dipercayaPantun 2 :Liburan ke pulau BaliJangan lupa datang ke pantai DewataAyo beli di toko online kamiBarangnya cuma setengah harga
Pantun 3 :Kamu jadian sama si diaPadahal aku sudah menyukaimuKita toko online terpercayaSiap menjual barang paling bermutu
- Email Marketing. Strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
- Instant Messaging Marketing. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
- Influencer Marketing. Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
- Video Marketing. Untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
- Pemasaran Melalui Channel Youtube. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online harus terus proaktive untuk terus promosi, agar dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
B. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (OF LINE ).
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan bedah buku , Talkshow dan potongan harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan, kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal toko buku modern tersebut.
MENULIS BUKU AJAR
MENULIS BUKU AJAR
Pertama kita sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu melalui sering membaca, kemampuan berbahasa dengan sering berlatih menulis, dan paling penting adalah punya komitmen untuk tetap menulis, karena yang disebut penulis adalah mereka yang menulis setiap hari (A Wan Bong)
Salah satu tantangan penulis adalh menulis Buku Ajar yaitu buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
Dengan demikian buku ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar, pengertian lebih lanjut adalah sebagai berikut :
- Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis
- Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
- Bahan Ajar terdiri dari :
- Bahan ajar Cetak yaitu Buku Teks, Buku Referensi, dan Monograf, terdiri dari : Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ ; Panduan = Petunjuk = Pedoman; Atlas = Peta; Diagram = Poster; Brosur = Leaflet = Manual
- Bahan Ajar non-Cetak terdiri dari Internet = Web Based Courses = e-learning • CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer • Slide • Video / TV • Audio / Radio
Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah : Siswa/Mahasiswa, Materi, dan Guru/Dosen, disinilah materi diwujudkan guru melalui buku ajar, dan seharusnya mengacu pada trilogi pembelajaran, yaitu : Tujuan, Srtategi, dan Penilaian, sehingga sangat penting dipakai sebagai acuan pembelajaran, paling tidak buku ajar ini dianggap penting karena :
1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/ mahasiswa
2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Prinsip pemilihan materi buku ajar
- PRINSIP RELEVANSI, Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai peserta didik berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
- PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN, Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai peserta didik empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam.
- PRINSIP KECUKUPAN, Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata pelajaran dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR
- PENATAAN INFORMASI (compilation text), Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan silabus yang telah disusun
- PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging), Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalam silabus
- MENULIS SENDIRI (starting from scratch), Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan silabus mata pe;ajaran yang diampu
Lebih lanjut Ibu Dr.Muda menyampaikan bahwa buku ajar penting dalam pembelajaran karena :
1. Guru memiliki lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa.
2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru.
3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja.
4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi.
5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Mengacu pada TRILOGI PEMBELAJARAN, yaitu tujuan, strategi, penilaian.Seorang guru memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dalam mengajarnya yaitu dengan menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran yang diampunya.
Buku Ajar pada umumnya :
1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mahasiswa
2. Menjelaskan tujuan pembelajaran
3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel
4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman.
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa.
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10. Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
Buku Teks pada umumnya :
1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun secara linier.
4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum tentu ada rangkuman.
7. Dikemas untuk dijual secara umum.
8. Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.
9. Tidak memberi petunjuk cara mempelajari.
Sabtu, 18 Februari 2023
BELAJAR KENAL DAN PRAKTEK MENULIS PUISI
BELAJAR KENAL DAN PRAKTEK MENULIS PUISI
BELAJAR
Diksi & Seni Bahasa
Diksi & Seni Bahasa
- Sumber: https://maydearly.blogspot.com/2021/07/biodata.html
- Nama penanya Maydearly, beliau ingin nama ini yang dikenalkan dalam KBMN. Guru di SMPN 1 Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten ini dilahirkan di Lebak pada tanggal 26 November 1989.
- Pendidikan
- MI Al-Hidayah Cinyiru pada tahun 1996
- SMP Negeri 1 Cipanas
- SMA Negeri 1 Cipanas lulus pada tahun 2008
- S-1 di STKIP Setiabudhi Rangkasbitung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, lulus pada tahun 2013.
- Pendidikan Magister di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Study Pendidikan Bahasa Inggris selesai pada tahun 2020.
- 10 Buku Antologi
- 2 Buku Kurator Jejak Pena Pengembara Aksara, dan Kisah Para Pendaki Mimpi
- Buku Duo Litersi Digital untuk Abad 21 bersama Prof. Eko Indrajit
- Buku Solo Trik Jitu Menjadi Penulis Milenial
- Buku Solo Episode 1 Januari 2020 dalam Kenangan
- Buku Solo Catatan Inspiratif
- Guru di SD Kristen Mardi Utomo (2009-2010)
- Guru di SMPN 2 Lebakgedong (2009 - 2014)
- Guru di SDN 2 Ciladaeun (2010 - 2012)
- Guru di SMKN 1 Lebakgedong (2015 - 2017)
- Guru di SMPN 1 Lebakgedong (2011 - Sekarang)
- Asisten Dosen di Kampus STKIP Setiabudhi (2010 - 2012)
- Narasumber Webinar Assesment of Product and Project for US di MGMP Wilbi 3 Kab. Lebak
- Teacher Training and Consultancy di ProNative (Maret 2021)
- Narasumber Kelas Menulis PGRI
- Narasumber Kelas Menulis WIMP MPA
- Narasumber Kelas Guru Motivator Literasi Digital (GMLD)
- Ketua ELOS di STKIP Setiabudhi (2010 - 2012)
- Pengurus MGMP Bahasa Inggris WILBI 3 di Bidang Pengembangan dan Inovasi (2017- Sekarang)
- Pembina OSIS SMPN 1 Lebakgedong (2017-2021)
- Kepala Pustakawan SMPN 1 Lebakgedong (2021)
- Pembina LKIR SMPN 1 Lebakgedong (2021)
- Ketua Pelatihan Menulis PGRI Gelombang 18 (2021)
- Admin Grup Pelatihan Menulis Gel. 18,19,20,21,22.
- Admin Grup Pelatihan Menulis WIMP MPA Angkatan 1
- Admin Tim Solid Omjay Pelatihan Menulis
- Founder Kelas Menulis Remaja Berkarya (Gelar Tikar/Tinta Karya)
- Founder Kelas Menulis Pucuk Diksi
- Personal Branding : Sang Blogger Milenial
- Instagram : Maydearly89
- Facebook : Mamah Agam
- Email : maydearly@gmail.com.
- Situs blog : maydearly.blogspot.com
- Sense of Touch adalah menulis dengan melibatkan indera peraba. indra peraba dapat digunakan untuk memperinci dengan apik tekstur permukaan benda, atau apapun. Penggunaan indra peraba ini sangat cocok untuk menggambarkan detail suatu permukaan, gesekan, tentang apa yg kita rasakan pada kulit. Aplikasi indra peraba ini juga sangat tepat digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak terlihat, seperti angin misalnya. Atau, cocok juga diterapkan untuk sesuatu yang kita rasakan dengan menyentuhnya, atau tidak dengan menyentuhnya.Contoh: Pada pori-pori angin yang dingin, aku pernah mengeja rindu yang datang tanpa permisi
- Sense of Smell adalah menulis dengan melibatkan indra penciuman hal ini akan membuat tulisan kita lebih beraroma. Tehnik ini akan lebih dahsyat jika dipadukan dengan indra penglihatan.Contoh: Di kepalaku wajahmu masih menjadi prasasti, dan aroma badanmu selalu ku gantungkan dilangit harapan
- Sense of Taste adalah menulis dengan melibatkan indra perasa. Merasakan setiap energi yang ada di sekitar kita. Penggunaan indra perasa sangat ampuh untuk menggambarkan rasa suatu makanan, atau sesuatu yg tercecap di lidah.Contoh: Ku kecup rasa pekat secangkir kopi di tangan kananku, sembari ku genggam Hp tangan kiriku. Telah terkubur dengan bijaksana, dirimu beserta centang biru, diriku bersama centang satu
- Sense of Sight adalah menulis dengan melibatkan indra penglihatan memiliki Prinsip “show, don’t tell". Selalu ingat, dalam menulis, cobalah menunjukkan kepada pembaca (dan tidak sekadar menceritakan semata). Buatlah pembaca seolah-olah bisa “melihat” apa yang tengah kita ceritakan. Buat mereka seolah bisa menonton dan membayangkannya. Prinsip utama dan manjur dalam hal ini adalah DETAIL. Tulislah apa warnanya, bagaimana bentuknya, ukurannya, umurnya, kondisinya.Contoh: Derit daun pintu mencekik udara ditengah keheningan, membuatku tersadar jika kamu hanya sebagai lamunan
- Sense of hearing adalah menulis dengan melibatkan energi yang kita dengar. Begitu banyak suara di sekitar kita. Belajarlah untuk menangkapnya. Bagaimana? Dengarlah, lalu tuliskan. Mungkin, inilah sebab mengapa banyak penulis sukses yang kadang menanti hening untuk menulis. Bisa jadi mereka ingin menyimak suara-suara. Sebuah tulisan yang ditulis dengan indra pendengaran akan terasa lebih berbunyi, lebih bersuara. Selain itu, penulis juga bisa berkreasi dengan membuat hal-hal yang biasanya tak terdengar menjadi terdengar.Contoh: Derum kejahatan yang mendekat terasa begitu kencang. Udara hening, tetapi terasa berat oleh jerit keputusasaan yang dikumandangkan bebatuan, sebuah keputusan yang menghakimiku untuk tak lagi merinduimu
Rabu, 15 Februari 2023
Semangat Menulis Buku Cerita Digital
Semangat Menulis Buku Cerita Digital
KBMN PGRIPertemuan 16
Gelombang : 28
Tema : Menulis Buku Cerita Digital
Tanggal : Senin, 13 Februari 2023
Narasumber : Nur Dwi Yanti, S. Pd
Moderator : Dail Ma'ruf M. Pd
- Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Guru SD Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2016
- Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Guru SD Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2017
- Juara 2 Guru Berprestasi Tingkat Kota Tangerang Selatan 2019
- Sebagai salah satu alternatif media belajar
- Sebagai media berbagi informasi
- Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk berbagi informasi dengan mudah, dengan cara yang menarik dan interaktif.
- Melindungi informasi yang disampaikan.
- Mempermudah proses memahami materi ajar.
- EPUB ( Elektronic Publication) : Suatu format yang didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum ( IDPF) mengacu pada XHTML dan XML. Hal itu merupakan standar yang berkembang.
- MOBI ( MobiPocket) : Format yang dapat digunakan oleh hampir semua PDA dan Smartphone. Dalam PC Windows, MobiPocket dapat melakukan konversi file chm, doc, html, acf, pdf, rtf, dan txt, kedalam format ini.
- PDB ( Palm Database File) : Format yang memuat beberapa format buku digital berbeda untuk ditujukan ke perangkat berbasis Sistem Operasi Palm yang disebut PalmDOC
- PDF ( Portable Document Format) : Diciptakan oleh adobe dalam produk Acrobat yang digunakan dalam pertukaran dokumen. Format tersebut didukung oleh semua platform komputer dan perangkat Smartphone. Walaupun demikian, terdapat beberapa perangkat yang bermasalah menggunakan format ini karena ukuran layar yang tidak sesuai dengan format PDF.
- KF8 ( Kindle Fire Format) : Format yang hampir sama dengan EPUB yang disusun dalam PDB dengan DRM Amazon.
- Sigil merupakan sebuah software editor untuk EPUB (Electronik Publication) yang bersifat open source. https://sigil-ebook.com/
- Scibus, aplikasi ini juga sudah banyak digunakan di berbagai OS Komputer. https://www.scribus.net/downloads/
- Aplikasi pengolahan kata yaitu Libre Office atau MS Office
- Aplikasi pengolahan gambar yaitu IbisPaint atau Adobe Photoshop
- Aplikasi audio editor yaitu Audacity/ format factory
- Aplikasi video editor yaitu Avidemux/ format factory.
ADMINISTRASI GURU ONLINE
Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C
-
Asal-usul Lato lato Pada masanya, di era ’90-an lato-lato dikenal juga dengan sebutan “nok-nok”. Namun, jauh sebelumnya, lato-lato sudah d...
-
STRATEGI PEMASARAN BUKU, GENERASI KAYA ILMU Judul : Pemasaran Buku Resume ke : 20 Gelombang : 28 Tanggal : 22 Febr...
-
BELAJAR KENAL DAN PRAKTEK MENULIS PUISI Resume ke-17 Gelombang: 28 Tanggal: 15 Februari 2023 Tema: Menulis Puisi Narasumber: Dr. Hj. E. Ha...