Jumat, 03 Februari 2023

Mengelola Majalah Sekolah



Resume ke 11 gelombang 28.

Materi.     : Mengelola Majalah Sekolah

Rabu, 01 Febuari #023.

Narasumber        : Widya Setianingsih, S. Ag (Widya Setianingsih merupakan Lumni BM 21. Mengajar di MI Khadijah Malang.)

Moderator.           : Mutmainah, M.Pd


Keberadaan majalah sekolah sangatlah penting sebagai media penampung karya siswa sekaligus sebagai media komunikasi. Majalah sekolah bersifat informatif, edukatif, dan tentu juga kreatif. 

Majalah sekolah adalah majalah yang di kelola, dibuat dan diedarkan dikalangan sekolah. Dari sekolah untuk sekolah.

Majalah sekolah menjadi suatu media yang digunakan untuk menuliskan perkembangan sekolah, media pembuatan artikel sekolah dan sebagai media untuk menorehkan prestasi. Selain itu sebagai lembaga formal, komunikasi, promosi, dan sosialisasi dengan orangtua, masyarakat sebagai STAKE HOLDER sangat diperlukan. Tantangan dan Kendala Majalah Sekolah

1. SDM

2. Pendanaan

3. Dukungan Sekolah

4. Stake Holder


Penjelasan:

1. Sumber Daya Manusia

Pada awalnya untuk membuat majalah sekolah adalah suatu hal yang agak membuat kita berpikir sejenak tentang struktur pengurus, pembuatan artikel, pendanaan majalah sekolah. Hal yang penting dilakukan adalah menyatukan ide dan gagasan. Merekrut teman-teman yang memiliki jiwa literasi. Membentuk susunan redaksi majalah.

Kemampuan menulis apa adanya tidak menjadi persoalan. Yang pada intinya semua ditujukan untuk berbagi informasi, berita, dan cerita tentang sekolah dan segala berita didalamnya. 

Selasa, 31 Januari 2023

Kiat Menulis Cerita Fiksi

 


Resume ke-10

Gelombang 28

Hari/Tanggal : Senin, 30 Januari 2023

Tema : Kiat Menulis Cerita Fiksi

Nara Sumber : Sudomo, S.Pt (Mazmo)

Moderator : Bambang Purwanto, S.Kom.Gr (Mr.Bams)

Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah pada malam ini Senin, 30 Januari 2023 kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk mengikuti kegiatan KBMN pertemuan ke-10 dalam keadaan sehat walafiat. Pada pertemuan malam ini materi akan dibawakan oleh bapak Sudomo, S.Pt.I yang sering disebut dengan Mazmo dengan tema Kiat Menulis Cerita Fiksi.. Dengan Moderator Bambang Purwanto, S.Kom.Gr yang sering disebut dengan Mr Bams.

Pada kesempatan malam ini narasumber membuka dengan memberikan salam hangat kepada peserta KBMN 28, beliau menyampaikan bahwa malam ini kita akan sama-sama belajar menulis dengan topik sesuai yang sudah disampaikan oleh Mr. Bams, yaitu Kiat Menulis Cerita Fiksi. Malam ini beliau akan berbagi dengan menggunakan alur MERDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, dan Aksi Nyata.

  1. Mulai dari DiriPada alur ini, beliau ingin bisa berbagi tentang pengalaman dengan peserta KBMN dalam menulis cerita fiksi. peserta bisa mengirimkan cerita singkat terkait pengalaman yang sudah dialaminya. Bisa pengalaman yang mengalami kendala memulai menulis cerita fiksi. Bisa juga tantangan yang dihadapi saat menulis cerita fiksi. Bisa juga mungkin pengalaman telah menerbitkan buku fiksi.
  2. Eksplorasi Konsep. Pada alur ini, peserta dipersilakan mempelajari secara mandiri materi yang telah disiapkan dalam bentuk cerita pendek. Peserta juga bisa membaca dan membuat catatan/pertanyaan terkait materi yang ingin digali lebih dalam lagi. Beliau mempersilakan peserta untuk membaca di tautan ini  https://s.id/MateriSudomo

Garis besar materi dari cerpen tersebut adalah alasan mengapa harus menulis cerita fiksi, syarat bisa menulis cerita fiksi, bentuk-bentuk cerita fiksi, unsur-unsur pembangun cerita fiksi, dan tips menulis cerita fiksi. Dari hasil Eksplorasi konsep ini mulai jelas alasan dan tujuan mengapa kita harus mulai menulis cerita fiksi diantarnya adalah:

  1. Sebagai upaya menyembuhkan dan menyembunyikan diri
  2. Sebagai jalan mengeksplorasi dan menentukan passion dalam menulis
  3. Memudahkan guru dalam menulis atau membuat soal AKM aspek literasi

Adapun syarat dalam penulisan cerita fiksi adalah:

  1. Komitmen dan niat yang kuat untuk menulis
  2. Kemauan dan kemampuan dalam melakukan penelitian/riset
  3. Membaca karya fiksi orang lain untuk memperoleh gambaran untuk teknik kepenulisan, gaya bahasa, dan menambah kosa kata
  4. Menguasai KBBI dan PUEBI
  5. Memahami dasar-dasar menulis fiksi

Ada hal-hal yang mungkin baru, utamanya bagi kami diantaranya adalah

  1. Fiksimini, yaitu fiksi singkat yang hanya terdiri dari beberapa kata saja. Berikut adalah contoh fiksimini yang terkenal For sale: baby shoes, never worn. Ernest Hemingway. Jika diperhatikan, secuil kalimat itu memiliki maknanya luas dan dalam.
  2. Flash fiction, yaitu cerita kilat dengan kekhususan jumlah kata. Biasanya mengandung plot twist. Selanjutnya adalah terkait unsur pembangun cerita fiksi yang perlu ditambahkan adalah premis.
  3. Premis adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat. Contoh premis: Seorang anak yang berjuang melawan penyihir jahat demi kedamaian dunia. Itulah premis dari novel Harry Potter. Kekuatan premis adalah mampu menggambarkan novel yang tebal hanya dalam satu kalimat saja. Premis mengandung unsur, yaitu tokoh, tantangan, tujuan tokoh, dan resolusi
Ruang Kolaborasi. Pada alur ini narasumber memberikan beberapa kalimat, kemudian menulisnya menjadi satu paragraf dan ditulis dalam resum. Berikut kalimat yang diberikan narasumber untuk kemudian dilanjutkan menjadi satu paragraf perlahan suara-suara itu menghilang. Dalam gulita aku menggigil sendirian. Mendadak bulu kudukku meremang. Terdengar suara di kejauhan. Semakin lama kian mendekat.

Demonstrasi Kontekstual. Pada alur ini narasumber memberikan tugas menuliskan 5 tema yang paling di sukai dan paling kuasai.

Elaborasi Pemahaman. Pada alur ini dilakukan tanya jawab. Silakan para peserta mengirimkan pertanyaan terkait materi terutama menyangkut hal-hal yang ingin diperdalam lagi.

Pertanyaan :

  1. Evridus Mangung, Peserta KBMN 28. cerita fiksi adalah cerita yang didominasi oleh daya imajinasi pengarang. Pertanyaan adalah adakah latihan khusus agar daya imajinasi penulis benar-benar bisa bekerja optimal dalam menyusun sebuah karya fiksi? Jawab Mazmo Pertanyaan yang luar biasa. Beliau pribadi tidak pernah melakukan latihan khusus. Latihan khususnya adalah dengan terus konsisten menulis. Konsistensi ini akan membuat seorang penulis terbiasa nyaman menulis dalam kondisi apa pun.
  2. Umatun dari Magelang. Beliau sudah buat cerita tentang ibunya.juga tentang almarhum ayahnya .apakah itu juga sudah betul? Bu Umatun menceritakan masih pemula.jadi mohon penjelasan tentang bagaimana tips menulis cerita fiksi. Jawabnya. Agar menjadi cerita fiksi, cerita tentang ayah dan ibunya bu Umatun  bisa ditambahi bumbu penyedap, Bu. Jadi kisah nyata menjadi dasar menulis saja. Selanjutnya dikembangkan agar lebih menarik lagi. Tips menulis cerita fiksi, yaitu menumbuhkan niat, menentukan ide dan genre yang disukai dan kuasai, membaca karya fiksi orang lain, membuat kerangka, dan mulailah menulis kemudian menyelesaikannya.
  3. Saya telah menulis beberapa cerpen dan sebagian sudah saya ikutkan antologi bersama. Pernah ikut tantangan menulis cerpen bergenre rumah tangga, dapat separo dari yg dirargetkan, akhirnya mandeg di tengah jalan. Ketika menulis cerpen seringkali saya melenceng dari keinginan awal. Ketika saya ingin menulis cerpen untuk remaja atau dewasa, eh, melenceng ke cerpen anak. Kok bisa ya Mr  (Nanang Musafa', Trenggalek). Jawabnya Mazmo Banyak yang mengalami hal sama, Pak. Itulah pentingnya membuat outline/kerangka karangan dengan tujuan agar tulisan tetap berada di jalurnya. Istilahnya sebagai pengingat bagi kita ketika akan melanggar jalur.
  4. Rinrin Siti Maemunah_Bandung Barat. Bagaimana cara membuat outline?. Jawabnya Mazmo Berikut penjelasan terkait outline:
  • Kerangka disusun berdasarkan unsur-unsur pembangun cerita fiksi
  • Menentukan tema agar pembaca mengerti lingkup cerita fiksi kita
  • Membuat premis sesuai tema
  • Menentukan uraian alur/plot berdasarkan unsur-unsurnya
  • Menentukan penokohan kuat berdasarkan jenis dan teknik penggambaran watak tokoh dengan baik
  • Menentukan latar/setting dengan menunjukkan sisi eksotis dan detail
  • Memilih sudut pandang penceritaan yang unik

5.    Imro’atus Sholihah Jombang Jatim Bagaimana kiat mudah membangun alur atau plot cerita fiksi?Jawabnya Mazmo kita harus menentukan dulu jenis alur/plot yang ingin digunakan dan memahami unsur-unsur alur/plot yang meliputi Pengenalan cerita, Awal konflik, Menuju konflik, Konflik memuncak /klimaks, Penyelesaian/ending.


Koneksi Antarmateri.Pada alur belajar ini, narasumber menuliskan kesimpulan dari materi belajar malam ini. Kesimpulan belajar malam ini, peserta dipersilahkan untuk menuliskan di resume yang akan dibuatnya.

 Aksi Nyata. Alur belajar ini, yaitu terkait dengan penerapan materi malam ini dalam bentuk tulisan, yaitu resume hasil belajar. Narasumber mempersilahkan peserta membuat resume hasil belajar malam ini di blog masing-masing. Bentuk resumenya bebas.


Diakhir kegiatan ini narasumber menutup dengan memohon maaf untuk kesalahan dan kekurangan serta ucapan terima kasih untuk peran aktif peserta dalam berbagi. Demikian resume pertemuan ke 10 ini semoga bermanfaat bagi saya untuk terus mengembangkan kemampuan menulis dikemudian hari, terima kasih kami sampaikan pada Mazmo semoga menjadi amal jariyah Mazmi nantinya, Amin

TERIMA KASIH......


Sabtu, 28 Januari 2023

KESUKSESAN BERAWAL DARI SATU LANGKAH TERARAH

Resume Ke      : 9

Gelombang      : 28

Tanggal            : 27 Januari 2023

Tema                : Menulis Itu Mudah

Narasumber     : Prof. Dr. Ngainun Naim

Moderator        : Lely Suryani, S.Pd.SD



Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Angkatan 28 sudah memasuki yang ke-9 kalinya, pada hari ini Jumat tanggal 27 Januari 2023 pukul 19.00 - 22.00 WIB dengan moderator nan piawai yaitu Bunda Lelly Suryani dari kota Banjarnegara Jawa Tengah yang kebetulan satu kabupaten dengan saya, beliau memberikan pengantar dengan gaya bahasa yang sangat enak untuk dibaca, kali ini bundaa Lelly menggantikan moderator utama yang berhalangan hadir di WAG karena sedang meghadiri wisuda anaknya, begitu solidnya tim Om Jay ini, semuanya selalu siap saat dibutuhkan. Pada pertemuan malam ini sebetulnya saya tidak bisa hadir seutuhnya karena berbarengan dengan kepentingan yang tidak bisa saya tinggalkan, namun demikian saya selalu menyempatkan mengintip materi yang disampaikan oleh narasumber, dan menyempatkan untuk mengisi presensi kehadiran, tetapi saya tidak bisa ikut menyampaikan beberapa pertanyaa yang sebetulnya sayang jika dilewatkan.  

Semua Tim Om Jay adalah orang-orang hebat semua, termasuk bunda Lelly sang moderator, beliau sudah menerbitkan beberapa buku juga, diantaranya adalah menulis biografi Om Jay yang berjudul "50 Tahun Lebih Dekat dengan Om Jay", selain itu bunda lelly juga diberi kepercayaan untuk jadi editor yang hasil editannya telah lulus terbit ke perpusnas, dan masih banyak lagi karya dan prestasi beliau.

Pada kesempatan kali ini bunda Lelly mengenalkan narasumber yang merupakan seorang kyai juga, beliau adalah Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I. yang juga seorang dosen di Perguruan Tinggi Negeri. Beliau kelahiran Tulungagung pada tanggal 19 Juli 1975, Karya tulis bukunya jangan ditanya lagi jumlahnya. 

Tema pada kesempatan kali ini adalah "Menulis Itu Mudah (Writing is Easy)", tapi menurutnya, beliau tidak akan menjelaskan bahwa menulis itu mudah atau sulit, tetapi beliau akan mengajak agar bisa menulis, dengan cara ya menulis. Kemudian akan muncul pertanyaan: apa yang mau ditulis? Untuk menjawab pertanyaan itu kita diarahkan untuk membaca tulisan sederhana karya beliau berikut: https://ngainun-naim.blogspot.com/2016/06/suatu-sore-di-bulan-ramadhan.html. Tulisan ini hanya beberapa paragraf. Berkisah tentang suasana ramadhan di ALun-Alun Trenggalek tempat tinggal beliau. Kemudian kita diarahkan ke tulisan yang lain lagi yaitu: https://www.spirit-literasi.id/2022/12/dari-wa-ke-dunia-nyata.html tentang kisah pertemuannya dengan sahabat yang sebelumnya dikenal melalui WA.


Kata Mutiara dari Prof. Dr. Ngainun Naim adalah: Menulislah hal-hal sederhana yang kita alami, pengalaman hidup sehari-hari itu sumber tulisan yang subur. Kita akan mudah menuliskannya karena kita menceritakan apa yang kita alami, tinggal kita memilih aspek apa yang mau kita ceritakan, jangan takut salah atau jelek tetapi takutlah jika tidak menulis. (https://www.kompasiana.com/ngainun-naim.berbagi/63d1f30408a8b51db6795d52/menjadikan-literasi-sebagai-tradisi.)

Jangan menulis sambil dibaca lalu diedit, karena ini akan menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran. Tips nya adalah selesai menulis atau karena sudah habis yang mau ditulis, tinggalkan dulu, simpan di komputer, jangan dibaca dulu. Cari suasana psikologis yang berbeda, istilahnya ENDAPKAN DULU, saat berbeda, misalnya nulisnya pagi, maka saat sore baru dibaca, cermati kalimat demi kalimat. tambahkan ide yang ada jika memang perlu ditambah, jika ada typo, perbaiki. Prinsip beliau sederhana: meminimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Kenapa? Karena tulisan kita adalah jejak kita. Salah satu contoh tulisan beliau yang diedit beberapa kali:

Menulis tentang perjalanan, ini termasuk jenis tulisan yang mudah dibuat, karena kita semua sangat sering melakukan perjalanan. Nah, apa-apa yang kita lakukan di perjalanan bisa kita tulis. Ini contoh catatan saya ke Kupang sebelum pandemi: https://ngainun-naim.blogspot.com/2020/02/senja-di-pantai-warna-oesapa.html. 

Menulis secara ngemil (sedikit demi sedikit), kita bisa menulis setiap hari dengan beberapa jenis tulisan, sebelum kita share kita edit terlebih dahulu. Contoh karya beliau ini: https://www.spirit-literasi.id/2022/04/jejak-dari-bukittinggi-dari-ngarai.html.

Demikian yang disampaikan oleh Prof. Dr.Ngainun Naim tentang empat hal yang dapat dipraktikkan untuk menulis dengan mudah, semoga bermanfaat dan menambah kemantapan untuk kecanduan menulis setiap hari. Menurut Profesor cobalah menulis setiap hari selama tiga bulan, nanti kita dijamin akan kecanduan untuk menulis. Salam Literasi.

"KESUKSESAN BERAWAL DARI SATU LANGKAH TERARAH"

Kamis, 26 Januari 2023

Semangatku terbang bersama Blog Nusantara

Komitmen Menulis di Blog



Resume pertemuan ke 8


Tema             : Menemukan Ispirasi dalam Ribuan 

Nara Sumber : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.

Moderator     : Sigid PN, SH.

Hari/Tanggal : Rabu, 25 Januari 2023

Penulis          : Rizky Sulih Saputra, S.Pd


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hari ini Rabu, 25 Januari 2023 pelatihan KBMN 28 pertemuan ke-8 yang special berbeda dengan pertemuan KBMN sebelum-sebelumnya karena pertemuan kali ini menggunakan zoom. .Malam yang dingin terasa hangat bersama Narasumber Nusantara hebat Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.. Malam ini mencari jaringan yang kuat untuk mengikuti zoom. Berjalan beberapa meter dari rumah kearah hutan yang sedikit membukit. bertemulah dengan jaringan yang bisa untuk menyambung tali zoom untuk kegiatan KBMN ke 28. Menempel punggung ke pohon untuk mencapai yang lebih kuat. Beberapa kali terpental dan masuk lagi ke ruang zoom. 

Sebagai pembuka pikiran peserta beliau menceritakan siswa/mahasiswa yang menyukai seorang professor mengajar dengan alasan mengajar sepenuh hati, cara mengajar yang profesional, cara megajar yang menyenangkan dan masih banyak lagi alasan lainnya. Tapi saying walupun sang professor sangat baik dalam mengajar kalah saing kalah negetop sama sandal jepit. Mengapa bisa demikian? Karena sandal jepit banyak diposting di media social slah satunya blog sehingga begitu dicari di google makan akan muncul mulai dari gambar, deskripsi dan hal yang berkaitan dengan sandal jepit. Sehingga begitu di ketik sandal jepit makan akan muncul semua hal yang berkaitan dengan sandal jepit. Sedangkan nama professor tidak ada di laman pencarian google karena beliau tidak pernah menulis maupun memposting apa pun mengenai dirinya di media social khususnya blog.

Malam ini langsung zoom dengan terlihat sosok menjadi pengingat blog yang mati suri. Adanya pertemuan ini membuat hidup kembali gairah untuk membuka blog yang sudah lama ditinggalkan. Terutama bagi diri saya setelah membrosing nama saya ternyata terakhir 2013 mengisi blog.

Hal yang dapat di petik dari kegiatan malam ini yaitu :

1. Mulailah lakukan 1 inspirasi dari pada seribu ispirasi yang tidak dilakukan

2. Berbagilah rezeki akan datang dengan sendirinya

3. Perbaiki dulu diri sendi, orang lain akan ikut dengan kebaikan kita

4. Hindari menilai orang lain kalau kita tidak tahu akan ilmunya.

Ciri-ciri orang hebat yang disampaikan Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si. adalah
1. Produktif, Jika punya ide maka tulislah. Jika punya visi yang bagus maka kembangkan sehingga menjadi                suskses.
2. Percaya diri (Jadilah seperti helder yang sangat percaya diri di antara kucing).

Tips konsisten menulis blog yang beliau sampaikan malam ini
Menentukan tujuan, Membuat outline (ide, pikiran utama), Mulai menulis, Selesaikan Upload/ publish, Ikut komunitas, Terus menulis, Memperkenalkan diri, Berteman, Menceritakan hal yang istimewa, Bersyukur dan berdoa.

Beliau juga menyampaikan sebaiknya menulis jangan hanya di satu blog, menulislah di blog yag lain, IG, FB, upload video di Youtube, Tik-tok dan media social lainnya agar jika blog atau satu media social yang kita punya hilang atau tutup/bangkrut kita masih punya file di media sosial yang lain.

Selasa, 24 Januari 2023

Batik Kusuma Bangsa Idola-KU


             PGRI adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya berprofesi sebagai guru. Organisasi ini didirikan dengan semangat perjuangan para guru pribumi pada zaman Belanda. Pada awalnya organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).        

Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas. Kongres Guru Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, dengan jiwa semangat proklamasi 17 Agustus 1945 segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan. Mereka adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 - seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

                  Dasar Hukum pada Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 merupakan sebagai tanda penghormatan kepada guru, pemerintah RI menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari guru nasionalhari guru diperingati setiap tahun, sejak tanggal tersebut itulah ternyata mengapa kita merayakan Harai Guru Nasional setiap tanggal 25. Batik PGRI digunakan setiap bulannya di tanggal 25.

ARTI LAMBANG PGRI



Bagaimana Cara Mengatasi Keengganan Menulis


Judul           : Bagaimana Cara Mengatasi Keengganan Menulis Oleh Rizky Sulih Saputra, S.Pd.


Resume Ke      : 7
Gelombang      : 28
Tanggal            : Senin, 23 Januari 2023
Tema                : Mengatasi Writers Block
Narasumber     : Ditta Widya Utami, S.Pd.
Moderator        :  Rallyanti, S.Sos., M.Pd.

Malam ini kembali mengikuti pembelajaran KBMN ke-28 yang diketuai oleh Bapak Wijaya Kusuma beserta tim solid. Seperti malam sebelumnya sangat luar biasa. Berbagi pengalaman dengan penulis hebat. Malam ini dibawakan oleh narasumber Ibu Ditta Widya Utami, S.Pd dan moderator oleh Ibu Raliyanti.


Ibu Ditta Widya Utami, S.Pd.Gr. adalah salah satu guru IPA di SMPN 1 Cipeundeuy, Subang, Jawa Barat. Menikah dengan Muhammad Kholil, S.Pd.I. dan telah dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Muhammad Fatih Musyfiq. Selain aktif di MGMP, anak kedua dari pasangan Dastewi, S.Pd. dan Tia Makmur Setiana, S.Pd. ini juga aktif di bidang literasi. 

Ibu Ditta Widya Utami alumni KBMN ke-7. Beliau masih muda, cantik, energik dan ramah. Siapa pun yang ingin menulis dibutuhkan keseriusan tidak bisa instan.  Diperlukan jam terbang yang cukup banyak agar bisa menjadi seperti Omjay, Bunda Kanjeng, Pak Dail, Bunda Aam, Bu Rali, Mr. Bams, Prof. Eko, dan lain-lain. Beliau  senang membaca buku-buku cerita sejak kecil (sebelum SD) dan sejak di sekolah dasar menulis di buku diary. 

Saat SMP, sering mengirim tulisan ke mading sekolah dan pernah menulis cerita di buku tulis yang dibaca bergiliran oleh teman-teman. Menulis diary atas arahan guru Bahasa Sehingga bisa menulis diary dalam bahasa Inggris. Bahkan sampai  SMA, masih tetap menulis diary. Teman-teman dekat yang membaca diary memuji beliau sudah seperti membaca novel.

Self healing adalah menulis apa yang dirasakan. Masa-masa remaja banyak emosi yang tertuang dalam catatan diary beliau. Beberapa psikologis menyarankan menulis sebagai salah satu cara mengatasi depresi. Membiasakan menulis bisa memberi banyak manfaat. 

Beberapa pengalaman beliau dimulai dari kuliah antara lain :

1. Meraih juara dua membuat buku Petualangan Kimia bersama teman kelompok dan diikutsertakan dalam Lomba Kreativitas Mahasiswa di Jurusan. 

2. Menulis proposal bersama teman-teman Berhasil mendapatkan dana hibah untuk asosiasi profesi dari Dikti hingga 40 juta. Di tahun 2009-2010 jumlah tersebut tentu sangat besar.
 
 3. Menerbitkan buku mayor angkatan pertama tantangan Prof. Eko

 4. Lulus menulis esai di seleksi Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan.

 
 Mengajar di Boarding School dengan aktivitas yang padat membuat beliau mengambil jeda sejenak dalam dunia kepenulisan. Menulis lagi awal masa pandemi, mengikuti kelas menulis bersama PGRI dan masuk di angkatan ke-7.

Kemudian aktif kembali menulis di blog. Bahkan berkesempatan menulis bersama Prof. Eko. Semua bermula dari arahan pembelajaran membuat resume di KBMN.
Bergabung dengan grup KBMN sepakat bahwa kita menulis memiliki banyak manfaat (disadari/tidak).

Malam ini dengan tema  Writer's Block, ada saatnya dalam dunia menulis tiba-tiba ide hilang. Kemudian tidak ada gairah untuk menulis. Sehingga bila terus-menerus keinginan untuk menulis lenyap. Bagaimana untuk mengatasi hal ini dan biasa disebut Writer's Block?


"Pertama-tama mari kita samakan persepsi bahwa aktivitas menulis itu bermakna luas."

 Writers Block adalah kondisi dimana kita mengalami kebuntuan menulis. Tak lagi produktif atau berkurang kemampuan menulis. Istilah Writer's Block sudah ada sejak tahun 1940-an. Diperkenalkan pertama kali oleh Edmund Bergler, seorang psikoanalis di Amerika.

 Berkaca dari pengalaman, Writers Block ini bisa berulangkali terjadi. Menghambat kita sebagai penulis. Itulah mengapa  bisa dikatakan Writers Block ini sebagai "virus"

Writers Block itu seperti penyakit, jika tidak segera disembuhkan akan menjadi parah, nah biar tidak semakin parah penyakitnya tentu segera kita ketahui apa faktor penyebabnya. 

Yang pertama, penyebab Writers Block bisa juga menulis di luar kebiasaan. 

 Misalnya :                                             Seseorang senang menulis cerpen atau puisi. Kemudian tiba-tiba harus menulis KTI yang tentu saja memiliki struktur dan metode penulisan yang berbeda. Bila tak lekas beradaptasi, bisa jadi kita malah terserang Writers Block.

 Bagaimana cara mengatasinya?

1. Mencoba hal baru dalam menulis bisa jadi alternatif solusi. Mempelajari hal-hal baru yang berbeda dengan sebelumnya pasti menyenangkan.

 2.  Istirahat sejenak melepaskan jenuh.
Beberapa teman penulis terkadang memilih untuk sejenak rehat dan melakukan hal yang disukai untuk refreshing.

3. Membaca buku-buku ringan untuk cemilan otak  agar bisa mengekspresikan ide dalam bentuk kata.Dengan membaca, kita bisa menambah kosa kata. 


Yang kedua disebabkan strees
Penyebab Writers Block bisa juga karena stress. Terlalu banyak yang dikerjakan sehingga bingung memulai dari mana. 

Yang ketiga disebabkan lelah fisik dan mental. Jika sedang lelah bawaannya ingin rebahan. Seperti yang saya alami semalam. Padahal sudah niat ingin segera menuntaskan resume. Namun karena keadaan lelah menyebabkan keengganan menulis resume.



 Yang keempat penyebab Writers Block lagi adalah terlalu perfeksionis.

Perfeksionis yaitu selalu mengikuti aturan. Menulis lupakan aturan. Jangan memperdulikan aturan yang berlaku. Menulislah sesuai keinginan atau menulis bebas. Pengalaman beliau menulis diary menggunakan Bahasa Inggris. Menulis melupakan aturan. Jika menulis sesuai grammar yang ada bisa membuat kita enggan lagi menulis. Percaya diri itu kunci bisa menulis diary Bahasa Inggris.

"Bila terlalu perfeksionis, sesuai kaidah niscaya diary berbahasa Inggris itu tidak akan pernah rampung." Pengalaman beliau menulis buku Bahasa Inggris.

Beberapa buku yang sudah diterbitkan antara lain:
Buku solo pertama berjudul "Lelaki di Ladang Tebu" berasal dari kumpulan draft cerpen di laptop.


Tips menulis dari beliau :
"Tips yang dikutip dari seorang penulis Mark Twain :

"Rahasia untuk maju adalah memulai. Rahasia untuk memulai adalah memecah tugas-tugas rumit Anda yang luar biasa menjadi tugas-tugas kecil yang dapat dikelola, dan kemudian memulai dari yang pertama."


Pengalaman penuh inspirasi dari narasumber Ibu Ditta Widya Utami, S.Pd. sungguh sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan pembelajaran ini. Menulislah dengan bahagia. Apa yang sedang dipikirkan segera dituangkan dalam bentuk tulisan. Menulis lupakan aturan, membuat kita menjadi leluasa. Lambat laun seiring waktu bisa sambil mempelajari aturan menulis. Memperbanyak membaca buku. Jika ingin menulis puisi bacalah buku-buku yang isinya puisi. Jika ingin menulis cerpen, bacalah buku-buku yang isinya kumpulan cerpen. Begitu juga dengan yang lainnya. 

KATA INDAH SENIN 23 JANUARI 2023:

Kita terlalu khawatir dengan penilaian orang lain, padahal sejatinya tak pernah ada manusia yang sempurna. Buku buku best seller pun ada edisi revisinya, kan?

Cara mengatasinya: Dengan mengingat niat awal kita menulis. Mengingat kembali masa masa dimana kita menikmati proses menulis itu sendiri. Dan tak lupa berdoa, Seperti malam ini, sebelum menulis di grup ini, saya juga meminta doa pada kedua orang tua saya .

Ada pepatah yang mengatakan:"It doesn't matter how brilliant is your brain. If u do not speak up, it would be zero." Mari, tuangkan dan sampaikan ide ide kita, pemikiran pemikiran kita, perasaan perasaan kita agar menjadi lebih bermakna.

TERIMA KASIH.....

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 




LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran


 

 

Lokasi

SD NEGERI 2 GIRITONTRO

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Peserta didik

Penulis

Rizky Sulih Saputra, S.Pd.

Tanggal

19 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang penulisan best practise ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut ditandai dengan:

1. Siswa kurang semangat dalam mengerjakan soal

Matematika yang diberikan oleh guru.

2. Sering tidak memperhatikan saat pembelajaran.

3. Hanya  sebagian  kecil  siswa  yang  mau  belajar secara mandiri untuk membaca materi.

4. Tugas   tugas  yang  diberikan  oleh  guru  tidak

dikerjakan dengan sungguh sungguh, dan hanya sekedar mengumpulkan tugas untuk mendapat nilai saja.

5. Sebagian besar siswa memperoleh nilai dibawah

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Tantangan :

Apa saja yang menjadi

tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah dilakukan identifikasi masalah melalui refleksi diri, wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan juga pakar, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu:

1. Kurangnya perhatian orang tua sebab orang tua sibuk bekerja.

2. Orang tua kurang memotivasi anaknya untuk giat

belajar.

3. Siswa  cenderung  lebih  memilih  untuk  bermain

game di handphone daripada belajar.

4. Anggapan  negatif  siswa  bahwa  Matematika  itu pelajaran yang sulit.

 

Tantangan yang ada di sekolah antara lain:

1. Penggunaan  media  pembelajaran  yang  kurang variatif.

2. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton.

3. Siswa belum familiar dengan chromebook sebagai

TPACK di kelas.

4. Alat peraga yang kurang variatif .


 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah      langkah   yang   saya   lakukan   untuk mengatasi tantangan tersebut antara lain:

1. Memberikan  pengarahan  awal  tentang  manfaat

akun  belajar.id  bagi  siswa  kepada  orang  tua melalui kunjungan di kelompok belajar siswa.

 

2. Guru berusaha mengkondisikan siswa (membuat mereka terlibat aktif) yaitu dengan membimbing siswa bekerja kelompok dalam menggunakan akun belajar.id untuk bisa mengakses Chromebook dan Google Workspace ( Jamboard dan Classroom).

 

 

3. Guru mencari sumber referensi dari media belajar online di Youtube dan yang lain.

 

4. Guru  telah  melaksanakan  pembelajaran  sesuai alokasi waktu yang telah ditentukan pada perangkat ajar.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Berikut merupakan dampak dari langkah langkah (aksi) PPL 1 yang telah dilakukan terhadap pembelajaran:

1. Dampak dari penerapan media Chromebook dan

Google Workspace ( Jamboard dan Classroom) membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, sebab  semua  siswa  ikut  mencoba  mengerjakan dan mempraktikkan Jamboard tersebut untuk memecahkan permasalahan (mengerjakan soal).

 

2. Dampak dari penerapan media Chromebook dan Google Workspace ( Jamboard dan Classroom) membuat siswa merasa senang mengikuti pembelajaran sebab siswa tertantang menyelesaikan soal untuk bisa menyelesaikan masalah/ instruksi yang dberikan guru.

 

3. Dampak   dari   penerapan   model   PBL   dalam pembelajaran Matematika membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Siswa diarahkan untuk memahami permasalahan yang timbul, kemudian berdiskusi didalam kelompoknya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan bimbingan guru. Kepercayaan diri siswa juga mengalami peningkatan sebab mereka berani tampil untuk mempresentasikan hasil diskusi.

 

Secara keseluruhan, hasil dari langkah  langkah (aksi) PPL 1 yang telah dilakukan dinyatakan efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan indikator motivasi belajar naik dari sebelumnya.

 

Indikator motivasi belajar:

1. Adanya keinginan untuk mencari sumber jawaban di Google Workspace Jamboard.


2. Adanya  dorongan  dan  kebutuhan  melakukan kegiatan

3. Disiplin mengikuti kegiatan

4. Kepuasan

5. Adanya konsentrasi dalam belajar

6. Adanya rasa ingin tahu yang tinggi tentang media

belajar Google Workspace

7. Semangat dalam belajar Google Jamboard

8. Adanya  antusias  dari  dalam  diri  siswa  dalam mencari jawaban sesuai soal yang diberikan pada Google Jamboard

9. Adanya kepercayaan diri untuk menampilkan hasil karya kelompok dan individu.

 

Respon siswa saat pembelajaran terlihat bahwa terjadi peningkatan motivasi. Hal ini didasarkan pada indikator pengamatan, yaitu:

Sikap ingin tahu, meliputi:

1. Antusias mencari jawaban pada Google  Jamboard

2. Perhatian pada objek yang diamati

3. Antusias pada proses pendekatan saintifik

4. Menanyakan  setiap  langkah  kegiatan  di  Google Jamboard terlebih pada saat menempelkan secara online gambar-gambar yang dibutuhkan di Google Jamboard

Sikap disiplin, meliputi:

1. Mengikuti kegiatan pembelajaran tepat waktu

2. Patuh pada aturan saat pembelajaran

3. Mengerjakan/mengumpulkan  tugas  tepat waktu

Google Classroom

4. Mengikuti kaidah berbahasa yang baik

 

Peningkatan motivasi tersebut berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil evaluasi dari 27 siswa di kelas 5 sebanyak 23 siswa memperoleh nilai di atas KKM (85% siswa mencapai KKM 75). Sedangkan sebelum dilakukan aksi hanya 10 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM (37% siswa mencapai KKM).

 

Kepala sekolah, rekan sejawat, orang tua dan siswa merespon baik terhadap pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan Google Workspace ( Jamboard dan Classroom).

 

Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, orang tua dan rekan sejawat, serta sarana dan prasarana seperti laptop, LCD proyektor, ruang kelas bersih dan nyaman, akun belajar.id untuk mengakses Google Workspace   (   Jamboard   dan   Classroom),   serta


lingkungan       yang       mendukung       terciptanya pembelajaran yang kondusif.

 

Rencana tindak lanjut:

1. Membuat perangkat ajar yang berpusat pada siswa yaitu RPP yang dilengkapi dengan materi ajar, media, instrumen penilaian, serta LKPD untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

2. Menggunakan media – media pembelajaran yang variatif serta inovatif salah satu contohnya adalah memanfaatkan Google Workspace untuk pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar.

3. Menggunakan    alat    peraga    konkret    sebagai pembelajaran kontekstual.

4. Pemanfaatan  TPACK  (AI,  AR,  VR)  khususnya Chromebook pada pembelajaran selanjutnya supaya siswa tidak bosan dan lebih termotivasi untuk belajar.

5. Menciptakan     suasana     pembelajaran     yang

menyenangkan  dengan  variasi  metode  maupun model pembelajaran.

6. Saya memberikan link youtube video PPL 1 saya kepada orang tua siswa, dan mereka memberi respon positif.  Orang tua berharap kedepannya guru bisa lebih kreatif lagi dalam menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa melalui variasi media maupun metode pembelajaran.


ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C