Selasa, 24 Januari 2023

Batik Kusuma Bangsa Idola-KU


             PGRI adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya berprofesi sebagai guru. Organisasi ini didirikan dengan semangat perjuangan para guru pribumi pada zaman Belanda. Pada awalnya organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).        

Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas. Kongres Guru Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, dengan jiwa semangat proklamasi 17 Agustus 1945 segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan. Mereka adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 - seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

                  Dasar Hukum pada Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 merupakan sebagai tanda penghormatan kepada guru, pemerintah RI menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari guru nasionalhari guru diperingati setiap tahun, sejak tanggal tersebut itulah ternyata mengapa kita merayakan Harai Guru Nasional setiap tanggal 25. Batik PGRI digunakan setiap bulannya di tanggal 25.

ARTI LAMBANG PGRI



4 komentar:

  1. Kereen tulisannya Pak Rahagi, menolak amnesia sejarah PGRI lanjutkan dgn sejarah lainnya

    BalasHapus
  2. Kereen atrikelnya pak Rahagi menolak amnesia sejarah PGRI, lanjut dgn sejarah lainnya pak

    BalasHapus
  3. Kereeen abiss... jadi ingat lagi sejarah PGRI, makasih Pak

    BalasHapus

terima kasih kak

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C