Kamis, 12 Januari 2023

Sang Fajar yang hadir di tengah keraguanku

Rabu, 11 Januari 2023

Sang Fajar yang hadir di tengah keraguanku




Resume Ke                    : 2

Gelombang                    : 28

Hari tanggal                  : Rabu, 11 Januari 2023

Tema                                : Menjadikan menulis sebagai passion

Narasumber                  : Dra. Sri Sugiastuti, M. Pd

Moderator                      : Widya Setianingsih, S. Ag


Ingin rasanya seperti orang-orang yang menjadikan menulis sebagai sesuatu hal yang dilakukan dengan rasa senang dan rasa cinta. Seperti tema pertemuan kedua KBMN 28 hari ini yaitu Menjadikan Menulis Sebagai Passion dengan narasumber ibu Dra. Sri Sugiastuti, M. Pd. Sang Ratu antologi yang tak pernah lelah memberi makna dalam tiap titian usia, kata moderator.

Pada awal pembuka narasumber langsung penjelaskan tentang tema. Beliau menjelaskan bahwa passion atau renjana adalah satu gairah yang dimiliki semua orang. Bagaimana kita menjaga passion dan menyalurkannya menjadi sesuatu yang selalu ingin dan ingin lagi. Sehingga tidak pernah padam. Begitu juga dengan proses menulis. Ketika kita sudah menjadikan sebagai renjana, maka giat menulis tidak akan padam. Karena sudah menjadi kebutuhan bukan beban. Jadi ketika belum menulis ada sesuatu yang kurang. Dengan menulis langsung plong. Yang menjadi tantangan narasumber adalah, mampukah kita menjadikan menulis itu satu kebutuhan  atau  food  suplemen Yang akan membawa kita menjadi orang yang mulia ? tantangan yang sangat berat bagi saya karena saat ini, menulis bagi saya belum merupakan hal yang menyenangkan.

Banyak sekali peserta yang sudah mempunyai passion dibidang menulis. Passion atau renjana merupakan kecenderungan yang kuat terhadap suatu aktivitas yang digemari oleh seseorang. Apakah saya sudah mempunyai passion dibidang menulis ? sedangkan ragu masih menyelimuti. Ragu yang harus saya lawan ini saya buktikan dengan terus menyimak materi dari narasumber dengan segala rasa lelah mengajar seharian dan kantuk yang mulai menyerang di malam yang mulai larut.

Mengapa menulis menjadi passion yang menjanjikan ? dan menurut narasumber jawabannya adalah karena kemampuan menulis dipandang sebagai indikator intelektualitas dan kematangan berpikir. Hingga hari ini, profesi menulis adalah salah satu pekerjaan yang sangat dihormati dan dihargai secara sosial. Walaupun selalu ada kendala dan hambatan seperti merasa tidak bakat menulis, tidak memiliki waktu, tidak memiliki ide, tidak mau dikritik dan tidak suka menulis. Dan itu semua adalah alasan keraguan saya… tapi saya mau dikritik lhoo.. bahkan mencari orang yang mau mengkritik saya.

Materi selanjutnya adalah langkah-langkah menjadi penulis yang baik, diantaranya adalah :

1.    Untuk menjadi seorang penulis yang baik, kita perlu membaca banyak buku baik yang bersifat general (umum) maupun spesifik (misalnya sesuai dengan background akademik atau interest pribadi kita)

2.    Hal ini penting karena ide dan gagasan seringkali muncul saat kita mendialektikakan bahan bacaan yang kita baca dengan bacaan orang lain atau dengan diri kita sendiri. Bila diperlukan, ada baiknya kita memiliki mentor menulis yang tepat, Baik secara langsung maupun apa yang kita lihat dan baca di media

3.    Berapa banyak pengetahuan, pengalaman dan kisah orang lain yang dapat kita serap?

Dan writing preparations yang perlu dilakukan adalah :

1. Menggali dan Menemukan Gagasan/Ide

2. Menentukan Tujuan, Genre, dan Segmen Pembaca

3. Menentukan Topik

4. Membuat Outline

5. Mengumpulkan Bahan Materi / Buku.

Materi malam ini lebih mengikis keraguan saya tentang menulis, walapun harus saya lawan dengan semangat dan kerja keras.  

Kata mutiara malam ini "Menulis itu harus sabar, tulislah semampu kita terlebih dahulu. Jangan berfikir harus sempurna, dan jangan terlalu idealis".

Kata mutiara di atas seperti fajar yang hadir bagi saya. Terima kasih Bunda.

Selasa, 10 Januari 2023

Tinta Sahabatku

Senin, 09 Januari 2023

KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan 1

Resume ke     : 1 
Gelombang    : 28 
Tanggal          : 09 Januari 2023 
Tema              : Menulis Setiap Hari 
Narasumber   : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sehat dan bahagia selalu untuk semuanya. 


Dengan mengucapkan Alhamdullillahirobbilalaamiin saya bersyukut kepada Allah SWT yang telah menggerakkan hati saya untuk terus mencoba belajar menulis, Hari ini adalah pertemuan pertama dalam kegiatan Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) gelombang 28 yang di moderatorin oleh Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd melalui WAG dan dengan Narasumber Bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd yang biasa dikenal dengan Om Jay. Beliau adalah Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis, guru, motivator dan blogger Indonesia. Om Jay lahir di Jakarta tanggal 28 Oktober 1972 dengan karya yang mengesankan, buanyak sekali karya ilmiah yang diterbitkan untuk tingkat nasional seperti:
Motto hidup Om Jay yaitu kejujuran kunci keberhasilan dan kesuksesan kemudian hobinya yaitu menulis di blog.


Dalam salah satu blog Om Jay yang berjudul menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi! Sangat membuat hati ini bersemangat untuk lebih mengikuti kelas menulis ini. Di dalam blog tersebut dijelaskan menulis merupakan kemahiran berbahasa yang keempat, sedangkan yang pertama yaitu mendengar kemudian berbicara dilanjutkan dengan membaca dan yang keempat adalah menulis. Om Jay juga berharap untuk kita selalu membiasakan menulis setiap hari tentang apa yang kita sukai dan kuasai. Objek juga mengatakan menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, tidak ada penulis yang tidak rajin membaca dan semua berproses dimulai dari adanya ide kemudian menulis dilanjutkan dengan mengedit sehingga kita dapat menulis dengan baik tanpa ragu dan takut salah. 
Yang membuat saya heran dan terpukau kelas menulis ini benar-benar gratis. Hal ini juga disampaikan Om Jay mengapa gratis karena om Jay ingin membangun untuk menggiatkan literasi di negara Indonesia ini. Disampaikan pula jadilah penulis terkenal dengan membiasakan diri menulis tiap hari, tidak ada penulis terkenal yang langsung dikenal hanya satu atau dua kali menulis mereka akan semua mengalami proses menulis sehingga tulisannya penuh dengan makna dan terasa enak membacanya.


Om jay Memilki dua Blog yaitu Blog pertama adalah https://wijayalabs.blogspot.com dan Blog kedua adalah https://wijayalabs.wordpress.com. Om jay meluapkan tulisannya di Blog tersebut. semenjak Omjay memiliki blog pribadi di ini Omjay berusaha kuat setiap harinya untuk menulis di blog. Adanya media blog membuat Omjay memiliki komitmen untuk menulis setiap harinya. Blog adalah alat rekam yang ajaib. Keajaibannya akan anda rasakan seiring dengan anda mengelola blog dengan baik.


Hari ini yang mengesankan selain mengikuti kelas Om Jay dengan standar kelulusan dan syaratnya kita harus mempunyai blog sendiri, dari situlah saya belajar membuat blog dari Kompasiana maupun mengintip WordPress dan blogspot. Akhirnya alhamdulillah saya bisa masuk di blog kompasiana dan berlatih di blogspot ini untuk tugas, amazing banget.
Thank's Om Jay dan pak Dail, apapun yang kita lakukan dengan tujuan pendidikan, insya Allah akan dipermudah oleh Allah, aamiin... Semangat belajar, semangat maju untuk Indonesia. 
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wa Warakatuh

Proses Pembelajaran Internet dalam Meningkatkan Imtak Siswa (2005), Pembelajaran Berbasis ICT di Kelas Akselerasi dalam meningkatkan Imtak-Iptek secara Terpadu (2006), Peningkatan Imtak Siswa Berbasis Proses Pembelajaran Word melalui CTL & Portofolio (2007), Peningkatan Kualitas Pembelajaran Internet di Kelas Akselerasi dengan metode CTL & Penilaian Portofolio (2007), Menumbuhkan Kreativitas Menulis Siswa Akselerasi melalui Belajar Mandiri pada Pembuatan Blog di Internet (2008), Upaya Meningkatkan Minat dan Kreativitas Menulis Melalui Pengelolaan Blog di Internet (2008), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Mengapa Guru Takut Melakukannya? (2008), Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (2008), Yuk Kita Ngeblog! (2009), Guruku Menggapai Bintang (2010), Menjadi Blogger Handal di Era Global (2010), Internet Sehat Bikin Hebat (2011), Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya (2011), Efektifitas Pemanfaatan Blog Sebagai Media Test Online (2011), Menulislah Setiap Hari & Buktikan Apa yang Terjadi (2011), dan TIK: Menulis Blog Untuk Pendidikan (2012). Saat ini sudah menyelesaikan buku terbarunya, Catatan Harian Seorang Guru Blogger (2020), dan menjadi guru di zaman Edan (2014), Menjadi Blogger Ternama (2017), Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa (2020) sedang meneliti tentang pemanfaatan dan Manajemen blog untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa (2019-2020). Buku Berburu Ilmu di negeri Panda yang Lucu (2021), Buku Agar PJJ Tak Lagi Membosankan (2021), Buku Awas Virus Corona Mengintai Anda (2021), Guru Penggerak (2021)

Minggu, 08 Januari 2023

Lato-lato mengasyikkan

 


Asal-usul Lato lato

Pada masanya, di era ’90-an lato-lato dikenal juga dengan sebutan “nok-nok”. Namun, jauh sebelumnya, lato-lato sudah dikenal dari berbagai kalangan. Ada yang menyebutnya terlihat mirip dengan bolas. Sebuah senjata Argentina pada masa lalu. Tak hanya itu, permainan ini juga sempat populer di benua Eropa dan Amerika pada era ’60-an dan 70-an.(https://ultravoucher.co.id/lato-lato-adalah/)

Uniknya permainan ini buming kembali di akhir Desember 2022. Tentu saja membuat kalangan anak-anak hingga orang dewasapun antusias ingin menaklukkan cara bermain Lato-lato.

Cukup mudah, tapi perlu ketenangan dalam bermain Lato-lato. Banyak yang mencoba tapi gagal. Namun, kebanyakan orang yang sudah mahir bermain Lato-lato mengatakan bahwa butuh pikiran tenang dan fokus dalam menggerakkan 2 bola Lato-lato yang saling dibenturkan.

Dengan demikian, permainan ini merupakan cara yang menyenangkan sekaligus menggugah kreativitas dan konsentrasi anak. Semoga dengan hadirnya permainan lato-lato ini dapat menginspirasi kita tentang arti pentingnya konsentrasi.

Ceremoni yang megah



Malam mingguku datang, penuh dengan beberapa bentuk cinta

Untuk merayakan para penulis yang telah
berjuang Mereka telah menciptakan karya yang menginspirasi Membawa harapan dan impian terhadap hidup. Berjuta-juta jiwa di dunia yang telah terinspirasi Oleh puisi-puisi yang indah dan cerita-cerita yang luar biasa Semua yang mereka lakukan untuk mewujudkan impian mereka yang menginspirasi.

Sabtu, 26 Februari 2022

Perangkat Pembelajaran

🌐 Perangkat Pembelajaran  Kelas 123456 SD/MI

https://bit.ly/PerangkatSDLengkap

1. LAPORAN KEG LFH/BDR 
2. RPP DARING
3. RPP LURING
4. SILABUS
5. POWERPOINT
6. JURNAL
7. MODUL BDR
8. BUKU GURU & BUKU SISWA
9. DAFTAR TEMA
10. PEMETAAN KI KD
11. KKM
12. PROTA PROMES
13. PENILAIAN HARIAN (PH)
14. PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
15. PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
16. APLIKASI RAPORT


🌐 Laporan Kegiatan LFH/BDR SD/MI

1️⃣ Kelas 1 : bit.ly/LapBDR_Kelas1
2️⃣ Kelas 2 : bit.ly/LapBDR_Kelas2
3️⃣ Kelas 3 : bit.ly/LapBDR_Kelas3
4️⃣ Kelas 4 : bit.ly/LapBDR_Kelas4
5️⃣ Kelas 5 : bit.ly/LapBDR_Kelas5
6️⃣ Kelas 6 : bit.ly/LapBDR_Kelas6

🌐 RPP DARING SD/MI KURIKULUM 2013
1️⃣ Kelas 1 : bit.ly/RPPDaring_K1
2️⃣ Kelas 2 : bit.ly/RPPDaring_K2
3️⃣ Kelas 3 : bit.ly/RPPDaring_K3
4️⃣ Kelas 4 : bit.ly/RPPDaring_K4
5️⃣ Kelas 5 : bit.ly/RPPDaring_K5
6️⃣ Kelas 6 : bit.ly/RPPDaring_K6

🌐 RPP LURING/TATAP MUKA K13 SD/MI KURIKULUM 2013

1️⃣ K1 : bit.ly/RPP_K1
2️⃣ K2 : bit.ly/RPP_K2
3️⃣ K3 : bit.ly/RPP_K3
4️⃣ K4 : bit.ly/RPP_K4
5️⃣ K5 : bit.ly/RPP_K5
6️⃣ K6 : bit.ly/RPP_K6

🌐 SILABUS SD/MI KURIKULUM 2013

1️⃣ K1 : bit.ly/SilabusK13_Kelas1
2️⃣ K2 : bit.ly/SilabusK13_Kelas2
3️⃣ K3 : bit.ly/SilabusK13_Kelas3
4️⃣ K4 : bit.ly/SilabusK13_Kelas4
5️⃣ K5 : bit.ly/SilabusK13_Kelas5
6️⃣ K6 : bit.ly/SilabusK13_Kelas6

🌐  MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT JENJANG SD KURIKULUM 2013
1️⃣ K1 : bit.ly/ppt_kelas1
2️⃣ K2 : bit.ly/ppt_kelas2
3️⃣ K3 : bit.ly/ppt_kelas3
4️⃣ K4 : bit.ly/ppt_kelas4
5️⃣ K5 : bit.ly/ppt_kelas5
6️⃣ K6 : bit.ly/ppt_kelas6

🌐 JURNAL SD/MI KURIKULUM 2013

1️⃣ K1 : bit.ly/JurnalK13_Kelas1
2️⃣ K2 : bit.ly/JurnalK13_Kelas2
3️⃣ K3 : bit.ly/JurnalK13_Kelas3
4️⃣ K4 : bit.ly/JurnalK13_Kelas4
5️⃣ K5 : bit.ly/JurnalK13_Kelas5
6️⃣ K6 : bit.ly/JurnalK13_Kelas6

🌐 Modul PJJ / BDR Jenjang SD

1️⃣ Kelas 1 : bit.ly/MODUL_KLS1
2️⃣ Kelas 2 : bit.ly/MODUL_KLS2
3️⃣ Kelas 3 : bit.ly/MODUL_KLS3
4️⃣ Kelas 4 : bit.ly/MODUL_KLS4
5️⃣ Kelas 5 : bit.ly/MODUL_KLS5
6️⃣ Kelas 6 : bit.ly/MODUL_KLS6

🌐 BUKU GURU DAN BUKU SISWA SD/MI KURIKULUM 2013

1️⃣ K1 : bit.ly/BukuTEMATIK1
2️⃣ K2 : bit.ly/BukuTEMATIK2
3️⃣ K3 : bit.ly/BukuTEMATIK3
4️⃣ K4 : bit.ly/BukuTEMATIK4
5️⃣ K5 : bit.ly/BukuTEMATIK5
6️⃣ K6 : bit.ly/BukuTEMATIK6

🌐 DAFTAR NAMA TEMA DAN SUBTEMA SD/MI KURIKULUM 2013

1⃣ K1 : bit.ly/TemaK13_Kelas1
2⃣ K2 : bit.ly/TemaK13_Kelas2
3⃣ K3 : bit.ly/TemaK13_Kelas3
4⃣ K4 : bit.ly/TemaK13_Kelas4
5⃣ K5 : bit.ly/TemaK13_Kelas5
6⃣ K6 : bit.ly/TemaK13_Kelas6

🌐 PEMETAAN KI/KD SD/MI KURIKULUM 2013

1️⃣ K1 : bit.ly/PemetaanKD_Kelas1
2️⃣ K2 : bit.ly/PemetaanKD_Kelas2
3️⃣ K3 : bit.ly/PemetaanKD_Kelas3
4️⃣ K4 : bit.ly/PemetaanKD_Kelas4
5️⃣ K5 : bit.ly/PemetaanKD_Kelas5
6️⃣ K6 : bit.ly/PemetaanKD_Kelas6

🌐 KKM SD/MI KURIKULUM 2013

1️⃣ K1 : bit.ly/KKM_Kelas1
2️⃣ K2 : bit.ly/KKM_Kelas2
3️⃣ K3 : bit.ly/KKM_Kelas3
4️⃣ K4 : bit.ly/KKM_Kelas4
5️⃣ K5 : bit.ly/KKM_Kelas5
6️⃣ K6 : bit.ly/KKM_Kelas6

🌐 PROTA DAN PROMES SD/MI KURIKULUM 2013

1️⃣ K1 : bit.ly/ProtaPromes_Kelas1
2️⃣ K2 : bit.ly/ProtaPromes_Kelas2
3️⃣ K3 : bit.ly/ProtaPromes_Kelas3
4️⃣ K4 : bit.ly/ProtaPromes_Kelas4
5️⃣ K5 : bit.ly/ProtaPromes_Kelas5
6️⃣ K6 : bit.ly/ProtaPromes_Kelas6

🌐 KISI DAN SOAL PENILAIAN HARIAN SD/MI KURIKULUM 2013
1️⃣ K1 : bit.ly/PH_K1
2️⃣ K2 : bit.ly/PH_K2
3️⃣ K3 : bit.ly/PH_K3
4️⃣ K4 : bit.ly/PH_K4
5️⃣ K5 : bit.ly/PH_K5
6️⃣ K6 : bit.ly/PH_K6

🌐 KISI DAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) SD/MI KURIKULUM 2013

1️⃣ K1 : bit.ly/PTS_K1
2️⃣ K2 : bit.ly/PTS_K2
3️⃣ K3 : bit.ly/PTS_K3
4️⃣ K4 : bit.ly/PTS_K4
5️⃣ K5 : bit.ly/PTS_K5
6️⃣ K6 : bit.ly/PTS_K6

🌐 KISI DAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SD/MI KURIKULUM 2013
1️⃣ K1 : bit.ly/PAS_K1
2️⃣ K2 : bit.ly/PAS_K2
3️⃣ K3 : bit.ly/PAS_K3
4️⃣ K4 : bit.ly/PAS_K4
5️⃣ K5 : bit.ly/PAS_K5
6️⃣ K6 : bit.ly/PAS_k6

Silahkan kembangkan dan modifikasi
Semoga bermanfaat

🌿 SILABUS TEMATIK KELAS 1
1️⃣ SMT 1 : bit.ly/Silabus_K1S1
2️⃣ SMT 2 : bit.ly/Silabus_K1S2

☘️ SILABUS TEMATIK KELAS 2
1️⃣ SMT 1 : bit.ly/Silabus_K2S1
2️⃣ SMT 2 : bit.ly/Silabus_K2S2

πŸ€ SILABUS TEMATIK KELAS 3
1️⃣ SMT 1 : bit.ly/Silabus_K3S1
2️⃣ SMT 2 : bit.ly/Silabus_K3S2

πŸͺ΄ SILABUS TEMATIK KELAS 4
1️⃣ SMT 1 : bit.ly/Silabus_K4S1
2️⃣ SMT 2 : bit.ly/Silabus_K4S2

πŸƒ SILABUS TEMATIK KELAS 5
1️⃣ SMT 1 : bit.ly/Silabus_K5S1
2️⃣ SMT 2 : bit.ly/Silabus_K5S2

πŸ‚ SILABUS TEMATIK KELAS 6
1️⃣ SMT 1 : bit.ly/Silabus_K6S1
2️⃣ SMT 2 : bit.ly/Silabus_K6S2

πŸ““Suplemen DaringπŸ““
Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 dan 2
*DILENGKAPI TUGAS DAN LATIHAN SOAL HARIAN*
*SUBTEMA 1*
Pembelajaran 1 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/2plO77-YXRs
Pembelajaran 2 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/fHmbR-Zopoo
Pembelajaran 3 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/O9WSnj8Tchg
Pembelajaran 4 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/utyMb5zgDJw
Pembelajaran 5 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/T9sR53f9kGc
Pembelajaran 6 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/9gUNYVRp1zI

*SUBTEMA 2*
Pembelajaran 1 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/LG0jf7DmEZw
Pembelajaran 2 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/RpBXFDNHcVw
Pembelajaran 3 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/FnvOxfqxC54
Pembelajaran 4 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/NXdK6iY2Ujw
Pembelajaran 5&6 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/wD-t25eQtf0

*SUBTEMA 3*
Pembelajaran 1 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/4fC9VjRyV1g
Pembelajaran 2 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/KCJ-ZtirjUA
Pembelajaran 3 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/xFz5x4-YnQ8
Pembelajaran 4 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/pO-ZDWWbw9c
Pembelajaran 5&6 πŸ‘‡πŸ»
https://youtu.be/OvrGewIR-CM


Silahkan salin link di atas dan Download 
Semoga Bermanfaat.

Munajat Ratib Al-Haddad

SEKILAS RATIB AL-HADDAD

Dengan pertolongan dan izin-Nya. setelah selesai saya menulis buku berisi Zikir dan Wiridwirid yang sudah terkenal dengan nama Ratib AlHaddad. sebuah buku kecil yang sudah diamalkan oleh berbagai orang diseluruh bagian dunia, sebab isinya ringkas, mudah dihafal oleh siapa saja, dan kandungannya sangat padat dengan makna-makna yang mendalam dan kalimat-kalimat yang begitu halus dan faedahnya begitu besar sekali didunia sampai akherat.

Ratib Al-Haddad memang menjadi amalan dari datuk-datuk kami sampai ke anak keturunan muslimin dan muslimat, sesungguhnya sudah lama saya akan menguraikan keuntungan-keuntungannya, dengan penuh semangat dan hati yang lapang dan pikiran yang tenang. Saya didesak oleh orang-orang terdekat untuk menulis sebagian kecil dari syarah Ratib Al-Haddad dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia yang ditulis dan dikumpulkan, Mutiara kalimat dari yang dikandungnya oleh cucu Habib Abdullah Al-Haddad sendiri yaitu Al-Habib Alwi bin Ahmad bin Hasan bin Abdullah bin Alwi Al-Haddad.

Saya sangat terperanjat sekali, buku kecil ini dalam syarahnya ternyata isinya mencakup beberapa ilmu tauhid, ilmu tasawwuf, ilmu fiqih, ilmu tafsir, ilmu syarah, ilmu tata bahasa, tertampung Do'a-do'a Zikir Wirid.

Ilmu ilmu yang diterangkan dengan ringkas namun padat akan isinya dan tepat sasarannya, kalau di ulas dan di analisa pada zaman ini akan menjadi buku tersendiri, yang mengikuti zamannya, menunjukan bahwa pengaruhnya sangat luas. Ini sebagai bukti bahwa Al Imam Habib Abdullah Al Haddad menyusun Ratibnya melainkan dengan satu

KELOMPOK KERJA GURU (KKG)

Kelompok Kerja Guru Gugus Diponegoro Kecamatan Giritontro melakukan kegiatan perdana. Bersama KKKS Kecamatan Giritontro.

Apakah Bapak/Ibu saat ini berprofesi sebagai guru kelas?

Guru kelas dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif agar pengetahuan dan skill peserta didik bisa berkembang secara optimal saat berada di bangku sekolah dasar. Guru kelas juga harus memiliki kompetensi yang mumpuni sebagaimana tertuang di dalam undang-undang. 

Untuk memfasilitasi itu semua, Bapak/Ibu bisa mengikuti berbagai pelatihan, misalnya bimtek, diklat, seminar, atau kelompok kerja guru (KKG).

Melalui perencanaan yang maksimal, seorang guru dapat menentukan strategi apa yang digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Perencanaan dapat menghindarkan kegagalan pembelajaran.

Pembelajaran sebagai proses kerja sama antara guru dan siswa pasti akan menghadapi beberapa masalah pembelajaran. Hal tersebut akan berdampak pada kegagalan pembelajaran. Melalui perencanaan yang baik, setidaknya dapat mengantisipasi atau meminimalisir permasalahan- permasalahan yang nantinya akan muncul, sehingga pembelajaran berjalan normal dan keberhasilan pembelajaran tercapai.

Perencanaan dapat membuat pembelajaran berlangsung secara sistematis Proses pembelajaran tidak berlangsung seadanya, akan tetapi berlangsung secara terarah dan terorganisir. Dengan demikian guru dapat menggunakan waktu secara efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran dan keberhasilan pembelajaran. Hal tersebut dapat berlangsung melalui perencanaan pembelajaran yang baik.

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C