Rabu, 15 Maret 2023

Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

 

Cara Membuat Cover Buku yang Menarik

Resume ke    :  27
Tema            : Membuat Cover Buku yang Menarik
Moderator    : Lely Suryani, S.Pd.SD
Narsum        : Fajar Tri Laksono, M.Pd
Waktu          : Jumat, 10 Maret 2023












Pertemuan yang mendekati penghabisan kelas, kali ini kelas yang biasanya menggunakan via WAG menjadi Zoom meeting. Seperti terbiasanya narasumber-narasumber kelas kakap selalu memberikan inspirasi dan pengetahuan yang sangat luas. Moderator yang memiliki kompetensi menulis yang tidak diragukan berpadupadan dengan narasumber yang segudang prestasi, sangat menghidupkan kelas. 

Narasumber yang berprofesi sebagai guru di SD Pembangunan Jaya dan Tutor pendidikan kestaraan (SPNF-SKB Kab.Sidoarjo). Beliau juga menjabat sebagai APKS IGTIK PB.PGRI Pusat Humas dan Publikasi dan Wakil Ketua Bidang Pelatihan Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Sidoarjo. Adapun prestasi -prestasi beliau yang sangat banyak, diantaranya adalah Juara 1 lomba Inovasi Pembelajaran, Juara 1 lomba inovasi teknologi  tepat guna, Juara 1 lomba Gebyar Sains Nasional dan lain-lain. 

"Wahai guru Indonesia Diwajibkan atas kamu mengikuti pelatihan guru hari ini sebagaimana telah diwajibkan atas guru-guru sebelum kamu agar kamu menjadi guru yang kreatif dan inovatif."

Narsum membuka kelas dengan quote yang beliau punya. Tekuni satu bidang yang menjasi passion kita, karena dari passion tersebut akan menghasilkan suatu karya yang inovatif. 

Desain yang baik itu bukan design yang eye cathing saja tapi juga it works bekerja dengan baik. "Apakah bapak dan ibu pernah mendesain cover buku?" tanya narsum. Sebagian besar menjawab belum pernah karena untuk urusan cover diserahkan kepada penerbit. Karena kurangnya pemahaman mengenai mendesain cover buku maka biasanya penulis menyerahkan sepenuhnya kepada penerbit. 

Jika penulis ingin mendesign cover bukunya sendiri, ada beberapa hal yang harus dihindarkan yaitu sebagai berikut :
Jangan mengambil desain yang dilindungi oleh hak ciptanya tanpa seizin pemiliknya. Apalagi  design tersebut digunakan untuk tujuan komersial.
Jangan memilih font yang salah, disesuaikan dengan desain covernya, supaya pembaca tidak kesulitan unuk membaca font tersebut. 
Jangan terlalu banyak efek , buatlah sesuai dengan tema sehingga tanpilan buku tersebut menjadi elegan
Jangan mengkombinasikan warna yang tidak sesuai karena akan membuat mood pembaca menjadi tidak berselera.
Jangan mengabaikan proposional bentuk. Keindahan dan kesesuaian yang tinggi akan semakin menarik perhatian khalayak dan juga sebagai bentuk profesionalisme design.
Ada beberapa Aplikasi yang digunakan untuk mendesign cover buku, yaitu :
Adobe photoshop
Adobe Illustrator
Inkscape
Adobe in design
CoreIDRAW Graphic Suite
Affinity Designer
Canva
Gimp
Gravit Designer
Sketch
Vectr
Desygner
Pertemuan kelas virtual malam ini sangat seru saat narasumber memberikan contoh video. Kelaspun ditutup oleh moderator dengan salam kembali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih kak

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C