Selasa, 24 Januari 2023

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 




LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran


 

 

Lokasi

SD NEGERI 2 GIRITONTRO

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Peserta didik

Penulis

Rizky Sulih Saputra, S.Pd.

Tanggal

19 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang penulisan best practise ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut ditandai dengan:

1. Siswa kurang semangat dalam mengerjakan soal

Matematika yang diberikan oleh guru.

2. Sering tidak memperhatikan saat pembelajaran.

3. Hanya  sebagian  kecil  siswa  yang  mau  belajar secara mandiri untuk membaca materi.

4. Tugas   tugas  yang  diberikan  oleh  guru  tidak

dikerjakan dengan sungguh sungguh, dan hanya sekedar mengumpulkan tugas untuk mendapat nilai saja.

5. Sebagian besar siswa memperoleh nilai dibawah

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Tantangan :

Apa saja yang menjadi

tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah dilakukan identifikasi masalah melalui refleksi diri, wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan juga pakar, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu:

1. Kurangnya perhatian orang tua sebab orang tua sibuk bekerja.

2. Orang tua kurang memotivasi anaknya untuk giat

belajar.

3. Siswa  cenderung  lebih  memilih  untuk  bermain

game di handphone daripada belajar.

4. Anggapan  negatif  siswa  bahwa  Matematika  itu pelajaran yang sulit.

 

Tantangan yang ada di sekolah antara lain:

1. Penggunaan  media  pembelajaran  yang  kurang variatif.

2. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton.

3. Siswa belum familiar dengan chromebook sebagai

TPACK di kelas.

4. Alat peraga yang kurang variatif .


 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah      langkah   yang   saya   lakukan   untuk mengatasi tantangan tersebut antara lain:

1. Memberikan  pengarahan  awal  tentang  manfaat

akun  belajar.id  bagi  siswa  kepada  orang  tua melalui kunjungan di kelompok belajar siswa.

 

2. Guru berusaha mengkondisikan siswa (membuat mereka terlibat aktif) yaitu dengan membimbing siswa bekerja kelompok dalam menggunakan akun belajar.id untuk bisa mengakses Chromebook dan Google Workspace ( Jamboard dan Classroom).

 

 

3. Guru mencari sumber referensi dari media belajar online di Youtube dan yang lain.

 

4. Guru  telah  melaksanakan  pembelajaran  sesuai alokasi waktu yang telah ditentukan pada perangkat ajar.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Berikut merupakan dampak dari langkah langkah (aksi) PPL 1 yang telah dilakukan terhadap pembelajaran:

1. Dampak dari penerapan media Chromebook dan

Google Workspace ( Jamboard dan Classroom) membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, sebab  semua  siswa  ikut  mencoba  mengerjakan dan mempraktikkan Jamboard tersebut untuk memecahkan permasalahan (mengerjakan soal).

 

2. Dampak dari penerapan media Chromebook dan Google Workspace ( Jamboard dan Classroom) membuat siswa merasa senang mengikuti pembelajaran sebab siswa tertantang menyelesaikan soal untuk bisa menyelesaikan masalah/ instruksi yang dberikan guru.

 

3. Dampak   dari   penerapan   model   PBL   dalam pembelajaran Matematika membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Siswa diarahkan untuk memahami permasalahan yang timbul, kemudian berdiskusi didalam kelompoknya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan bimbingan guru. Kepercayaan diri siswa juga mengalami peningkatan sebab mereka berani tampil untuk mempresentasikan hasil diskusi.

 

Secara keseluruhan, hasil dari langkah  langkah (aksi) PPL 1 yang telah dilakukan dinyatakan efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan indikator motivasi belajar naik dari sebelumnya.

 

Indikator motivasi belajar:

1. Adanya keinginan untuk mencari sumber jawaban di Google Workspace Jamboard.


2. Adanya  dorongan  dan  kebutuhan  melakukan kegiatan

3. Disiplin mengikuti kegiatan

4. Kepuasan

5. Adanya konsentrasi dalam belajar

6. Adanya rasa ingin tahu yang tinggi tentang media

belajar Google Workspace

7. Semangat dalam belajar Google Jamboard

8. Adanya  antusias  dari  dalam  diri  siswa  dalam mencari jawaban sesuai soal yang diberikan pada Google Jamboard

9. Adanya kepercayaan diri untuk menampilkan hasil karya kelompok dan individu.

 

Respon siswa saat pembelajaran terlihat bahwa terjadi peningkatan motivasi. Hal ini didasarkan pada indikator pengamatan, yaitu:

Sikap ingin tahu, meliputi:

1. Antusias mencari jawaban pada Google  Jamboard

2. Perhatian pada objek yang diamati

3. Antusias pada proses pendekatan saintifik

4. Menanyakan  setiap  langkah  kegiatan  di  Google Jamboard terlebih pada saat menempelkan secara online gambar-gambar yang dibutuhkan di Google Jamboard

Sikap disiplin, meliputi:

1. Mengikuti kegiatan pembelajaran tepat waktu

2. Patuh pada aturan saat pembelajaran

3. Mengerjakan/mengumpulkan  tugas  tepat waktu

Google Classroom

4. Mengikuti kaidah berbahasa yang baik

 

Peningkatan motivasi tersebut berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil evaluasi dari 27 siswa di kelas 5 sebanyak 23 siswa memperoleh nilai di atas KKM (85% siswa mencapai KKM 75). Sedangkan sebelum dilakukan aksi hanya 10 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM (37% siswa mencapai KKM).

 

Kepala sekolah, rekan sejawat, orang tua dan siswa merespon baik terhadap pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan Google Workspace ( Jamboard dan Classroom).

 

Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, orang tua dan rekan sejawat, serta sarana dan prasarana seperti laptop, LCD proyektor, ruang kelas bersih dan nyaman, akun belajar.id untuk mengakses Google Workspace   (   Jamboard   dan   Classroom),   serta


lingkungan       yang       mendukung       terciptanya pembelajaran yang kondusif.

 

Rencana tindak lanjut:

1. Membuat perangkat ajar yang berpusat pada siswa yaitu RPP yang dilengkapi dengan materi ajar, media, instrumen penilaian, serta LKPD untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

2. Menggunakan media – media pembelajaran yang variatif serta inovatif salah satu contohnya adalah memanfaatkan Google Workspace untuk pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar.

3. Menggunakan    alat    peraga    konkret    sebagai pembelajaran kontekstual.

4. Pemanfaatan  TPACK  (AI,  AR,  VR)  khususnya Chromebook pada pembelajaran selanjutnya supaya siswa tidak bosan dan lebih termotivasi untuk belajar.

5. Menciptakan     suasana     pembelajaran     yang

menyenangkan  dengan  variasi  metode  maupun model pembelajaran.

6. Saya memberikan link youtube video PPL 1 saya kepada orang tua siswa, dan mereka memberi respon positif.  Orang tua berharap kedepannya guru bisa lebih kreatif lagi dalam menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa melalui variasi media maupun metode pembelajaran.


ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C