Jumat, 20 Januari 2023

Terbang bersama dan capai prestasi buku mayor


Resume               : 6

Tanggal               : 20 januari 2023

Tema                   : Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu

Nara Sumber      : Prof. Richardus Eko Indrajit

Moderator           :  Aam Nurhasanah, S.Pd 

Oleh                     : Rizky Sulih Saputra, S.Pd.

Pertemuan KBMN ke enam sangat luarbiasa. Sejak munculnya fliyer di WA  grup tampak penyambutan antusias dari para anggota KBMN 28. Semakin membuat penasaran dan rasa ingin tahu yang tinggi. Betapa tidak  Ibu Aam Nurhasanah yang menjadi narasumber di pertemuan ketiga saat ini menjadi moderator. kebayang kan moderatornya saja karyanya dan prestasinya segudang, bagaimana dengan narasumbernya?

     Acara dimulai dengan dibuka oleh moderator Ibu aam Nurhasanah,S.Pd yang berasal dari Lebak Provinsi banten. Beliau menyampaikan bahwa narasumber kita Prof Richardus Eko Indrajit adalah seorang penulis besar yang bisa mengantarkan mimpi kita menuju penerbit mayor.

Beliau dengan santun menyampaikan sanjungan kepada moderator Bu Aaam dan beliau menyapa kami dengan sapaan  teman teman guru penulis yang hebat hebat. Saat ini beliau telah menulis kurang lebih 121 buku mayor semenjak kuliah, itu yang beliau sampaikan diawal masuk pada materi.

     Kalau artikel beliau sudah menulis kurang lebih 623 artikel dalam bahasa ingris maupun Indonesia. Beliau senang menulis sejak SD dan tulisanya di terbitkan di majalah sejak SMP. Alasan beliau senang menulis karena ingin berbagi ide, pemikiran , gagasan dan cerita kepada orang lain.Lama lama jadi ketagihan dalam menulis.

    Semakin banyak membaca dan menonton televisi semakin tinggi keinginan beliau untuk menulis. Inilah yang juga menyemangati saya untuk semakin banyak membaca dan menuangkan gagasan berupa tulisan. Semakin banyak tulisan maka akan semakin banyak kosa kata, wawasan dan merangkai katapun juga semakin mudah.

 .     Buku mayor pertama beliau terbit Tahun 2000. Sepuluh buku pertama isinya adalah bunga rampai . Setiap buku terdiri dari 50 artikel. Setiap artikel berisi satu topik yang sedang menjadi trend saat itu.Hal lain yang membuat motivasi menulis lebih besar karena banyaknya SMS yang mengucapkan terima kasih atas buku yang beliau buat. Ternyata motivasi dari luar sangat berpengaruh juga terhadap motivasi seseorang untuk terus berbuat dan memberi manfaat bagi orang lain

     Ketika pandemi , semua guru dan siswa harus belajar dari rumah beliau memutuskan untuk menjadi youtuber. Suatu ide yang sangat luarbiasa, bisa memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat itu. Setiap hari beliau membuat satu youtube dengan judul yang aneh aneh seperti gamification,flipped classroom dll. 

     Beliau juga berkolaborasi dengan OM JAY untuk mengantarkan guru guru penulis Dari 30 peserta yang berniat bergabung ada 19 buku yang diterbitkan. Dan dari 19 buku tersebut satu diantaranya terpilih sebagai buku terbaik nasional versi perpusnas untu kategori PJJ. Hingga saat ini sekitar 60  buku guru guru hebat yang diterbitkan oleh penerbit ANDI.

     Pada kesempatan ini Prof Eko Indrajit memberikan tantangan kepada kita semua dengan model yang berbeda dari sebelumnya. Beliau akan memmilihkan tema kemudian membimbing dan mendalami tema tersebut hingga menjadi sebuah buku. Adapun target beliau satu angkatan ini adalah buku buku sudah masuk ke penerbit dan sudah di kurasi sebelum Idul Fitri. Begitu tantangan disampaikan antusiasme para peserta luarbiasa. Saya merasa ragu dengan tantangan yang diberikan Prof malam ini, disamping tema yang berat berat, merasa tidak bisa menulis dan banyak rasa minder berkecamuk dalam hati. Tapi rasa ingin bisa sangat mendesak dalam dada, akhirnya ikutlah saya mengisi google fom yang dibagikan oleh Bu Aam sang moderator. 

    Sesi tanya jawab menjadi sesi yang tidak kalah ramainya. Rasa keingintauan yang tinggi disertai ingin bisa yang mendorong peserta berebutan bertanya. Begitu pula tantangan yang diberikan Prof Eko mendapatkan sambutan yang luar biasa dengan peserta yang lebih dari yang di targetkan yaitu 50 peserta. 

     Akhirnya rasa terimakasih yang sebesar besarnya kepada narasumber malam ini atas ilmu dan motivasinya kepada kita semua, hingga saya memberanikan diri ikut tantangan beliau.. Trimakasih juga kepada Bu Aam yang sudah mengantarkan kita kepada materi yang sangat luar biasa, sehingga membuat kita terinspirasi untuk menerbitkan karya berupa buku.

Pesan indah Narasumber: 

Prof. Richardus Eko Indrajit. beliau berkata

Saya adalah penganut konsep BELAJAR KETIKA BERKARYA, bukan BERLAJAR DULU BARU BERKARYA.

Sejauh tulisan kita menarik hati orang lain, pasti banyak yang tertarik. Karena banyak yang tertarik, penerbit akan rebutan menerbitkannya.

Motivasi selalu dimulai dari mimpi.

"Practice makes perfect". Latihan adalah kuncinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih kak

ADMINISTRASI GURU ONLINE

 Capaian Pembelajaran (CP) Implementasi Kurikulum Merdeka SD Fase C